PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA KELAS V SD 1 PURWOREJO BAE KUDUS

HIDAYAT, DWI ARIF (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA KELAS V SD 1 PURWOREJO BAE KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (571kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (337kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (488kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (672kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (361kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (204kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (323kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model think talk write berbantuan lingkungan belajar siswa kelas V SD 1 Purworejo. Peningkatan Keterampilan menulis karangan narasi dapat diperoleh setelah melalui proses pembelajaran di kelas, sebagai bukti keberhasilan proses belajar mengajar. Keterampilan menulis merupakan suatu kegiatan mengungkapkan pikiran, ide, gagasan, dan pendapat orang lain. karangan narasi adalah suatu karangan yang disusun berdasarkan peristiwa yang telah terjadi. karangan narasi dibagi menjadi dua narasi ekspositoris dan narasi sugestif. Model pembelajaran Think Talk Write adalah model pembelajaran efektif dan bermakna yang dimulai dari berfikir melalui bahan bacaan. Media lingkungan belajar merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan tempat proses kedua aspek lingkungan yang saling mendukung. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SD 1 Purworejo dengan subjek penelitian 22 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, Variabel bebas adalah model think talk write berbantuan lingkungan belajar. sedangkan variabel terikat adalah keterampilan menulis narasi. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write berbantuan lingkungan belajar dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD 1 Purworejo. (1) Peningkatan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II meningkat dari 67% kriteria cukup baik menjadi 85% kriteria sangat baik (2) Hasil tes keterampilan menulis karangan narasi siswa pada siklu I memperoleh persentase klasikal 68% dengan kategori cukup dan siklus II memperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 86% dengan kategori sangat baik. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Think Talk Write berbantuan lingkungan belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD 1 Purworejo. Saran dalam penelitian ini adalah siswa hendaknya berperan aktif pada proses pembelajaran yang telah disampaikan oleh guru.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Keterampilan Menulis Narasi, Model Think Talk Write, Media Lingkungan Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 07 Jun 2018 02:42
Last Modified: 07 Jun 2018 02:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8969

Actions (login required)

View Item View Item