PENINGKATAM HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL MIND MAPPING BERBASIS KARAKTER JUJUR DAN DISIPLIN PADA SISWA KELAS IV SD 2 MLATI LOR KUDUS

AMAL, FIRMAN (2018) PENINGKATAM HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL MIND MAPPING BERBASIS KARAKTER JUJUR DAN DISIPLIN PADA SISWA KELAS IV SD 2 MLATI LOR KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal. judul) - Accepted Version
Download (665kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (198kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (361kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (422kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (223kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (171kB) | Request a copy
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru, karakter jujur dan disiplin, hasil belajar siswa dengan model mind mapping berbasis karakter jujur dan disiplin pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV SD 2 Mlati Lor Kudus. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki setelah mengalami proses pembelajaran. PKn adalah upaya mencerdaskan kehidupan bangsa bagi warga negara sebagai landasan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam bela Negara. Mind Mapping merupakan teknik pencatatan yang kreatif untuk menyusun fakta dan pikiran sesuai dengan aturan. Pendidikan karakter adalah usaha mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kepribadian, akhlak mulia dan budi pekerti. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD 2 Mlati Lor Kudus dengan subjek penelitian guru dan 29 siswa. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model mind mapping berbasis karakter jujur dan disiplin. Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini yakni hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan persentase keterampilan guru meningkat dari siklus (I) 69,5% (Baik) pada siklus (II) menjadi 81,5% (Baik). Karakter jujur dan disiplin mengalami peningkatan siklus (I) karakter jujur 62,55% (Cukup) dan karakter disiplin 68,4% (Baik) dan siklus (II) karakter jujur 74,5% (Baik) dan karakter disiplin 74,85% (Baik). Hasil belajar pada ranah kognitif PKn siswa pada materi globalisasi yang cukup baik pada siklus (I) 74% (Baik) dan siklus (II) 79% (Baik). Pada ranah afektif juga meningkat pada siklus (I) 64% (Cukup) dan pada siklus (II) 76,5% (Baik). Ranah psikomotorik siklus (I) 57,85% (Cukup) dan siklus (II) 76,4% (Baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan model mind mapping berbasis karakter jujur dan disiplin dapat meningkatkan keterampilan guru, karakter jujur dan disiplin dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD 2 Mlati Lor Kudus. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menggunakan model yang sesuai dengan karakteristik siswa agar siswa tertarik dan paham khususnya mata pelajaran PKn.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil Belajar PKn, Mind Mapping, Karakter Jujur, Disiplin
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 07 Jun 2018 02:45
Last Modified: 07 Jun 2018 02:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8970

Actions (login required)

View Item View Item