PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MEGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION KELAS V SD SAMBIROTO MATERI LUAS TRAPESIUM DAN LAYANG-LAYANG BERBANTUAN ALAT PERAGA MANIPULATIF

KANASTREN, OKTAVERA RIRI (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MEGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION KELAS V SD SAMBIROTO MATERI LUAS TRAPESIUM DAN LAYANG-LAYANG BERBANTUAN ALAT PERAGA MANIPULATIF. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (443kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (220kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (699kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (434kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (286kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (112kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (263kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterampilan mengajar guru dalam menerapkan pendekatan RME berbantuan alat peraga manipulatif, (2) menjelaskan aktivitas siswa dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematika dengan diterapkannya pendekatan RME dan alat peraga manipulatif, (3) mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas V SD Sambiroto dengan menerapkan pendekatan RME berbantuan alat peraga manipulatif pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SD Sambiroto materi luas layang-layang dan trapesium. Kemampuan komunikasi matematika merupakan kemampuan menyampaikan gagasan/ide matematis,baik secara lisan maupun tulisan. Pendekatan RME merupakan pendekatan pembelajaran yang mengedepankan siswa untuk melakukan pembelajaran secara nyata dalam menyelesaikan masalah melalui pengalaman yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan alat peraga manipulatif merupakan alat peraga yang memudahkan siswa untuk memahami materi luas trapesium dan layan-layang. Penelitian dilaksanakan di kelas V SD Sambiroto dengan jumlah siswa 32. Penelitian berlangsung selama 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini yakni pendekatan Realistic Mathematic Education berbantuan alat peraga manipilatif, sedangkan variabel terikatnya yakni kemampuan komunikasi matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terjadi peingkatan keterampilan mengajar guru dengan pendekatan RME berbantuan alat peraga manipulatif pada siklus I sebesar 2,91 (kriteria “Baik”) dan siklus II 3,51 (kriteria ”Sangat Baik”); 2) terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan perolehan 71,47 (krieria “Baik”) menjadi 82,95 (kriteria “Sangat Baik”) pada silus II; 3) terjadi peningkatan kemampuan komunikasi siswa pada siklus I (75%) dan siklus II (84,37%). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas V SD Sambiroto dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan RME berbantuan alat peraga maniplatif dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa. Disarankan untuk menggunakan pendekatan RME agar siswa dapat mengembangkan pemahaman, penalaran, serta pemecahan masalah dengan menggunakan contoh real berdasarkan pengalaman kehidupan sehari-hari dalam pembelajaran matematilka.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Henry Suryo Bintoro, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematika, RME, Luas Layang-Layang dan Trapesium
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 07 Jun 2018 02:57
Last Modified: 07 Jun 2018 02:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8972

Actions (login required)

View Item View Item