PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK DENGAN MODEL IDEAL PROBLEM SOLVING BERBANTU MEDIA KUBUS DAN BALOK

NUGROHO, BAGOES AJIE (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK DENGAN MODEL IDEAL PROBLEM SOLVING BERBANTU MEDIA KUBUS DAN BALOK. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal. judul) - Accepted Version
Download (519kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (133kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (624kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (440kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (239kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (116kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (195kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah serta aktivitas peserta didik serta untuk mengetahui keterampilan mengajar guru dengan diterapkannya model IDEAL Problem Solving berbantu media kubus dan balok pada pembelajaran matematika kelas V SDN 2 Margoyoso materi kubus dan balok. Pemecahan masalah matematika merupakan salah satu tujuan penting dalam pembelajaran matematika bahkan proses pemecahan masalah matematika merupakan jantungnya matematika. Aktivitas belajar adalah keadaan dimana peserta didik melakukan mendengar dan membaca yang pasif menjadikannya sebuah pencarian, pemilihan dan pemahaman materi secara aktif sehingga orang akan mempelajari sesuatu dengan cepat ketika pembelajarannya bersifat interaktif. Model IDEAL Problem Solving merupakan model yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan permasalahan yang teridentifikasi dengan baik. Media kubus dan balok adalah alat bantu dalam menyampaikan materi yang berbentuk alat peraga bangun kubus dan balok. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah (1) terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. (2) terjadi peningkatan aktivitas belajar peserta didik (3) terjadi peningkatan keterampilan mengajar guru dengan menerapkan model IDEAL Problem Solving pada kelas V SDN 2 Margoyoso. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Margoyoso, peserta didik yang berjumlah 22. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain John Elliot. Setiap siklus dilaksanakan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksana tindakan, pengamatan, refleksi. Tekhnik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dokumentasi. Tekhnik analisis data pada penelitian ini menggunakan tekhnik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada SDN 2 Margoyoso pada pelajaran matematika materi kubus dan balok pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 52% dan siklus II 76%, didukung dengan aktivitas peserta didik siklus I memperoleh rata-rata persentase 60% dengan memperoleh kualifikasi cukup kemudian meningkat pada siklus II menjadi 77% dengan kualifikasi baik. Keterampilan mengajar guru juga mengalami peningkatan. Siklus I menunjukkan rata-rata persentase sebesar 68% dengan kualifikasi baik, pada siklus II menjadi 89% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN 2 Margoyoso dapat disimpulkan bahwa penerapan model IDEAL Problem Solving berbantu media kubus dan balok dapat dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik V SDN 2 Margoyoso. Adapun saran yang diberikan yaitu guru dapat menggunakan model pembelajaran IDEAL Problem Solving atau dengan menggunakan media kubus dan balok untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah serta aktivitas belajar peserta didik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Model, kemampuan pemecahan masalah, aktivitas peserta didik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 07 Jun 2018 06:08
Last Modified: 07 Jun 2018 06:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8977

Actions (login required)

View Item View Item