PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN “SHORT CARD” PADA TEMA 6 SUBTEMA AKU DAN CITA-CITAKU KELAS IV SD 1 MEJOBO

INDRIANI, ANISA (2018) PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN “SHORT CARD” PADA TEMA 6 SUBTEMA AKU DAN CITA-CITAKU KELAS IV SD 1 MEJOBO. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal. judul) - Accepted Version
Download (952kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (254kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (345kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (610kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (200kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (172kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (87kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Short Card pada tema 6 subtema aku dan cita-citaku kelas IV SD 1 Mejobo. Berpikir kritis adalah proses berpikir untuk mencari informasi, menjelaskan berdasarkan bukti, menyimpulkan dan melakukan tindakan. Model Problem Based Leraning merupakan suatu model pembelajaran yang melatih siswa untuk mengembangkan kemampuannya dalam menyelesaikan dan memecahkan masalah yang merangsang siswa untuk berpikir tingkat tinggi. Media Sort Card merupakan media pembelajaran yang membantu siswa dalam meningkatkan berpikir kritis melalui menyusun pernyataan-pernyataan yang ada di media tersebut. Materi dalam subtema aku dan cita-citaku muatan IPS dan PPKn yang dikaji dalam penelitian ini adalah materi sumber daya alam dan keberagaman karakteristik individu. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui model Problem Based Learning berbantuan Short Card pada tema 6 subtema aku dan cita-citaku kelas IV SD 1 Mejobo. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Mejobo dengan subjek penelitian 26 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus yang menggunakan desain PTK dari Kemmis dan Mc. Teggart. Tahapan pada penelitian PTK ini adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah model Problem Based Learning, sedangkan variabel terikatnya adalah berpikir kritis siswa kelas IV SD 1 Mejobo. Metode pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Short Card dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, aktivitas siswa dan keterampilan guru. Hal ini dapat dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) berpikir kritis, ketuntasan klasikal siswa pra siklus sebesar 69% dengan rata-rata74,30, meningkat pada siklus I menjadi 81% dengan rata-rata 76, dan pada siklus II meningkat menjadi 100% dengan rata-rata 80. (2) Aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan dari siklus I rata-rata mencapai 67% (baik) meningkat pada siklus II menjadi 85% (sangat baik). (3) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor rata-rata 72% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 94% (sangat baik). Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning berbantuan Short Card dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, aktivitas belajar siswa siswa kelas IV serta keterampilan guru SD 1 Mejobo kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Saran dalam penelitian ini, siswa hendaknya selalu aktif dalam mengikuti pembelajaran. Bagi guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang variatif salah satunya dengan menggunakan model Problem Based Learning. Bagi sekolah hendaknya dapat mensosialisasikan kepada guru-guru tentang model pembelajaran Problem Based Learning.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Ika Oktavianti, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Media Sort Card, Subtema Aku dan Cita-citaku
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 07 Jun 2018 06:41
Last Modified: 07 Jun 2018 06:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8979

Actions (login required)

View Item View Item