PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS V SDN BABADAN DEMAK

WIDODO, PANGGIH WAHYU (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS V SDN BABADAN DEMAK. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal. judul) - Accepted Version
Download (420kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (202kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (346kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (398kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (742kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (211kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (110kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (109kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dengan diterapkannya model Contextual Teaching and Learning. (2) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran IPA dengan diterapkannya model Contextual Teaching and Learning (3) Menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan diterapkannya model Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SDN Babadan dengan subjek penelitian 26 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Contextual Teaching and Learning, variabel terikatnya yaitu hasil belajar IPA materi pesawat sederhana. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dalam penelitian ini kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa dan hasil belajar IPA siswa. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh rata persentase 65,04% meningkat pada siklus II menjadi 66,20%. (2) peningkatan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 73,75% menjadi 77,5%. (3) Hasil belajar kognitif siswa pada siklus I ke siklus II meningkat yakni dari ketuntasan klasikal 84,62% dengan rata-rata kelas adalah 68,07 menjadi 88,46% siswa mencapai ketuntasan dengan rata-rata 74,03. Peningkatan aktivitas siswa, kinerja guru serta hasil belajar dari pra siklus, siklus I dan siklus II tidak terlepas dari pelaksanaan pembelajaran yang telah sesuai dengan sintaks Contextual Teaching and Learning yang diterapkan oleh guru. Selain itu faktor motivasi siswa juga menjadi hal penting dalam peningkatan hasil belajar yang menjadi tujuan utama pada penelitian ini. Simpulan dalam penelitian ini yaitu model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Babadan pada mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana. Saran dalam penelitian ini adalah guru hendaknya merencanakan model pembelajaran dan media yang dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Siswa hendaknya menumbuhkan sikap positif untuk aktif berpartisipasi dalam pembelajaran sehingga dapat mencapai hasil belajar yang maksimal dan sekolah hendaknya mengadakan supervisi secara berkala untuk mendorong guru untuk melaksanakan pembelajaran yang inovatif. Peneliti diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran yang lain sehingga dapat mengembangkan pembelajaran IPA dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Martono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil belajar IPA, Pesawat Sederhana, Contextual Teaching and Learning
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 07 Jun 2018 06:54
Last Modified: 07 Jun 2018 06:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8980

Actions (login required)

View Item View Item