PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA BONGKAR PASANG PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD 1 PURWOREJO

CHAYATI, NUR (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA BONGKAR PASANG PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD 1 PURWOREJO. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (727kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (387kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (810kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (566kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (430kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (251kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (180kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterampilan mengajar guru dalam menerapkan model Group Investigation berbantuan media bongkar pasang, (2) menjelaskan aktivitas siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika dengan diterapkannya model Group Investigation berbantuan media bongkar pasang, (3) mengetahui peningkatan berpikir kreatif matematika siswa kelas kelas V SD 1 Purworejo dengan menerapkan model Group Investigation berbantuan media bongkar pasang pada mata pelajaran matematika materi volume kubus dan volume balok. Berpikir Kreatif merupakan suatu proses untuk menghasilkan ide atau gagasan baru untuk menyelesaikan masalah atau solusi yang mampu menentukan keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar. Group Invesigation adalah model pembelajaran kooperatif dimana guru dan siswa bekerja aktif untuk membangun pembelajaran dengan konsep matematika yang abstrak diperjelas menggunakan media bongkar pasang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan di kelas V SD 1 Purworejo dengan subjek penelitian 22 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model Group Investigation berbantuan media bongkar pasang. Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini yakni kemampuan berpikir kreatif matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika pada siklus I dan Siklus II, yaitu dari 71,63 (Baik) menjadi 80,67 (Baik) dengan persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 63,63% menjadi 81,81% pada siklus II. Didukung dengan peningkatan aktivitas pemecahan masalah siswa pada siklus I memperoleh skor 2,19 (Cukup Baik) menjadi 3,23 (Baik) pada siklus II. Selain itu, keterampilan guru mengelola pembelajaran matematika juga meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu pada siklus I memperoleh skor 2,55 (Cukup Baik) menjadi 3,41 (Sangat Baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dikelas V SD 1 Purworejo dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Group Investigation berbantuan media bongkar pasang dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa serta kemampuan berpikir kreatif matematika siswa materi bangun ruang kelas V SD 1 Purworejo. Untuk itu saran dalam penelitian ini diharapkan guru maupun peneliti lain bisa melakukan penelitian lanjutan terkait penerapan model pembelajaran Group Invetigation pada mata pelajaran lain dengan jenjang kelas yang lain, serta dapat digunakan dan dikembangkan guna meningkatkan mutu pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Henry Suryo Bintoro, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Model Group Investigation, Media Bongkar Pasang, Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 08 Jun 2018 01:53
Last Modified: 08 Jun 2018 01:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8990

Actions (login required)

View Item View Item