PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI GENENG 1 KECAMATAN MIJEN KABUPATEN DEMAK

MAHMUDAH, SITI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI GENENG 1 KECAMATAN MIJEN KABUPATEN DEMAK. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (248kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (406kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (459kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (242kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (222kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (167kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPS materi mempertahankan kemerdekaan, serta mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS materi mempertahankan kemerdekaan pada siswa kelas V SD Negeri Geneng 1 Kecamatan Mijen Kabupaten Demak dengan diterapkannya model pembelajaran Talking Stick. Talking Stick merupakan model pembelajaran yang dalam proses pembelajarannya guru menggunakan tongkat, siapa yang memegang tongkat wajib menjawab pertanyaan dari guru. Hasil belajar merupakan perubahan peningkatan kemampuan yang dimiliki siswa setelah mengikuti proses pembelajaran yang terdiri dari ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor. IPS merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu-ilmu sosial. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterapkannya model pembelajaran Talking Stick diduga dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran IPS, serta diduga dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi mempertahankan kemerdekaan Indonesi pada siswa kelas V SD N Geneng 1 kecamatan Mijen Kabupaten Demak. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart dalam 2 siklus. Tahapan penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Geneng 1 Kecamatan Mijen Kabupaten Demak dengan jumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada keterampilan mengajar guru pembelajaran IPS materi mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan persentase rata-rata pada siklus I 71% (baik) dan siklus II 89.5% (sangat baik), peningkatan sebesar 18%. Kemudian peningkatan terjadi pada hasil belajar ranah kognitif dengan rata-rata siklus I 72% (baik) dan siklus II 90% (sangat baik) peningkatan sebesar 18%. Hasil belajar ranah afektif rata-rata siklus I 70.6% (baik) dan siklus II 80.6% (baik) peningkatan sebesar 10%. Hasil belajar ranah psikomotorik dengan rata-rata siklus I 72% (baik) dan siklus II 81.4% (baik) dengan peningkatan sebesar 9.4%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas V SD N Geneng 1 Kecamatan Mijen Kabupaten Demak materi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD N Geneng 1 Kecamatan Mijen Kabupaten Demak dapat disimpulkan bahwa keterampilan mengajar guru meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran Talking Stick serta dapat meningkatkan hasil belajar IPS ranah kognitif, afektif, psikomotorik siswa kelas V pada pembelajaran IPS materi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Adapun saran yang diberikan yaitu guru dapat menggunakan model pembelajaran Talking Stick sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Talking Stick, Hasil Belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 08 Jun 2018 02:26
Last Modified: 08 Jun 2018 02:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8992

Actions (login required)

View Item View Item