PENINGKATAN SIKAP ILMIAH SISWA MELALUI GUIDED INQUIRY BERBANTUAN MEDIA PAPAN PUTAR PADA TEMA PAHLAWANKU KELAS IV SD 1 MARGOREJO

DEWI, SAFA ANINDYA PRATISTA PUTRI CANDRA (2018) PENINGKATAN SIKAP ILMIAH SISWA MELALUI GUIDED INQUIRY BERBANTUAN MEDIA PAPAN PUTAR PADA TEMA PAHLAWANKU KELAS IV SD 1 MARGOREJO. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (cover) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (633kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (323kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (619kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (500kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (333kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (218kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (320kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan seberapa besar peningkatan sikap ilmiah siswa dan keterampilan guru melalui guided inquiry berbantuan media papan putar pada tema pahlawanku kelas IV SD 1 Margorejo. Sikap ilmiah merupakan sikap yang dapat dimunculkan siswa melalui kegiatan ilmiah dalam pembelajaran. Guided inquiry merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran melalui kegiatan penyelidikan dan penemuan secara sistematis untuk menjawab suatu permasalahan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran guided inquiry dengan berbantuan media papan putar dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa pada tema pahlawanku kelas IV SD 1 Margorejo. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Margorejo dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel terikat penelitian ini yaitu sikap ilmiah siswa, sedangkan variabel bebasnya yaitu model pembelajaran guided inquiry dan media papan putar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri atas analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap ilmiah siswa diukur dari tiga aspek penmbelajaran dan peningkatan keterampilan guru. Sikap ilmiah siswa siklus I aspek pengetahuan mencapai persentase sebesar 65%, aspek sikap yaitu 2,81, dan aspek keterampilan 2,96. Pada siklus II meningkat dengan aspek pengetahuan mencapai 85%, aspek sikap 3,33, dan aspek keterampilan 3,38. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan dengan skor 2,67 pada siklus I menjadi 3,43 pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa sikap ilmiah siswa dapat ditingkatkan melalui guided inquiry berbantuan media papan putar pada tema pahlawanku kelas IV SD 1 Margorejo. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Margorejo, disimpulkan bahwa sikap ilmiah siswa dapat meningkat melalui guided inquiry berbantuan media papan putar pada tema pahlawanku kelas IV SD 1 Margorejo. Oleh karena itu, disarankan dalam menerapkan model pembelajaran guided inquiry berbantuan media papan putar guru lebih terampil dan inovatif dalam meningkatkan partisipasi siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Sikap Ilmiah, Guided Inquiry, Media Papan Putar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 08 Jun 2018 02:56
Last Modified: 08 Jun 2018 02:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8993

Actions (login required)

View Item View Item