PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION BERBANTU ALAT PERAGA BONGPAS MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK

FAHRUDHIN, ACHMAD GILANG (2018) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION BERBANTU ALAT PERAGA BONGPAS MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (857kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (230kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (344kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (489kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (253kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (207kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (212kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa di kelas, dan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi volume kubus dan balok berbantu alat peraga BongPas pada siswa kelas V SD 2 Bae. Penerapan model pembelajaran Realistic Mathematic Education yakni suatu model pembelajaran yang mengadaptasi lingkungan sekitar sebagai sumber dari pembelajaran itu sendiri. Langkah model pembelajaran Realistic Mathematic Education, yaitu: penggunaan maslaah kontekstual, penggunaan model, penggunaan kontribusi siswa, interaktivitas, dan intertwinning. Kemampuan pemahaman konsep siswa adalah kemampuan untuk memahami pembelajaran matematika khususnya dan kemampuan untuk menguasai konsep yang terkandung dalam materi matematika tersebut pada materi volume kubus dan balok berbantu alat peraga BongPas. Hipotesis tindakan yaitu meningkatkan keterampilan mengajar gutu, meningkatkan aktiitas belajar siswa dan meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini dirancang menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian siswa kelas V SD 2 Bae berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes, lembar wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dikatakan berhasil jika keterampilan mengajar guru mencapai persentase ≥75% dengan kriteria baik, sedangkan aktivitas belajar siswa di kelas dikatakan berhasil apabila telah mencapai ≥75% dengan kriteria baik. Dan kemampuan pemahaman konsep siswa dikatakan telah berhasil apabila telah mencapai ≥75% dengan kriteria baik. Hasil penelitian keterampilan mengajar guru siklus I (76%/ baik) dan siklus II (86,5%/ sangat baik). Sedangkan aktivitas belajar siswa di kelas siklus I (71%/ baik) dan siklus II (82%/ sangat baik). Kemampuan pemahaman konsep siswa siklus I (62%/ baik) dan siklus II (76,1%/ baik). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model Realistic Mathematic Education berbantu alat peraga BongPas pada materi volume kubus dan balok dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru di kelas, meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas dan meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada kelas V SD 2 Bae. Saran yang diberikan yaitu guru harus lebih bisa mengkondisikan siswa ketika pembelajaran di kelas agar bisa berlangsung kondusif dan tenang. Guru sebisa mungkin tidak hanya mengajarkan satu model saja agar siswa bisa menjadi pengalaman dan lebih aktif ketika pembelajaran. Untuk penggunaan alat peraga harus dibuat lebih banyak dan tidak terbatas jumlahnya. Pihak sekolah harus memfasilitasi alat peraga untuk menunjang pembelajaran siswa agar lebih maju dan berkembang. Sebelum melakukan penelitian, peneliti hendaknya berlatih secara maksimal agar hasilnya memuaskan ketika penelitian.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Henry Suryo Bintoro, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Realistic Mathematic Education, Alat Peraga BongPas, Pemahaman Konsep, Volume Kubus dan Balok
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 08 Jun 2018 03:11
Last Modified: 08 Jun 2018 03:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8995

Actions (login required)

View Item View Item