PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA MOCK UP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DEMANGAN

LESTARI, FERDINA DWI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA MOCK UP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DEMANGAN. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (663kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (124kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (433kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (371kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (115kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (24kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (31kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan motivasi belajar IPA siswa dengan penerapan pembelajaran Explicit Instruction berbantuan media mock up pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Demangan, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Explicit Instruction berbantuan media mock up pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Demangan, (3) mengetahui keterampilan mengajar guru dalam menerapkan model pembelajaran Explicit Instruction berbantuan media mock up pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Demangan. Motivasi belajar adalah dorongan yang berasal dari internal maupun eksternal pada siswa untuk melakukan aktivitas belajar guna mencapai tujuan yang dikehendaki. Model pembelajaran Explicit Instruction adalah model pembelajaran yang dirancang untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan prosedur dan pengetahuan deklaratif sehingga siswa dapat memahami serta benar-benar mengetahui pengetahuan secara menyeluruh dan aktif dalam suatu pembelajaran dengan pola selangkah demi selangkah. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penerapan model Explicit Instruction berbantuan media Mock Up dapat meningkatkan motivasi belajar, hasil belajar, dan keterampilan mengajar guru di kelas V SD Demangan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di SD Demangan dengan subjek penelitian 23 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus dengan 2 pertemuan di setiap siklusnya. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Explicit Instruction berbantuan media Mock Up sedangkan variabel terikatnya adalah Motivasi Belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sistem pernapasan manusia dari siklus I sebesar 64% (Baik) menjadi 80% (Baik) pada siklus II. Selain itu juga terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa dari siklus I sebesar 68% (Cukup) menjadi 76% (Baik) pada siklus II, hasil belajar psikomotorik siswa dari siklus I sebesar 64% (Baik) menjadi 83% (Sangat Baik) pada siklus II, serta keterampilan mengajar guru dari siklus I sebesar 72% (Baik) menjadi 82% (Sangat Baik) pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran Explicit Instruction berbantuan media Mock Up pada mata pelajaran IPA materi sistem pernapasan manusia pada siswa kelas V SD Demangan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas V SD Demangan dapat disimpulkan bahwa model Explicit Instruction berbantuan media Mock Up dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Untuk itu disarankan dalam peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan model Explicit Instruction berbantuan media Mock Up, guru hendaknya terampil dalam megelola kelas dan mengatur waktu agar saat siswa berdiskusi dan berlatih secara mandiri suasana kelas tetap terjaga ketertibannya serta dapat melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan model Explicit Instruction berbantuan media Mock Up dengan maksimal.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Fina Fakhriyah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Explicit Instruction, Mock Up, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 08 Jun 2018 03:26
Last Modified: 08 Jun 2018 03:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8997

Actions (login required)

View Item View Item