PENERAPAN MODEL PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN BERBANTUAN MODUL PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJA ILMIAH SISWA KELAS V PADA MAPEL IPA

NIDA, NILNA KHOIRIN (2018) PENERAPAN MODEL PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN BERBANTUAN MODUL PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJA ILMIAH SISWA KELAS V PADA MAPEL IPA. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (630kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (196kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (355kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (461kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (215kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (98kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (231kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan kerja ilmiah siswa kelas V pada mapel IPA melalui model Predict-Observe-Explain berbantuan modul praktikum. (2) untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran setelah diterapkannya model Predict-Observe-Explain berbantuan modul praktikum pada mapel IPA. Keterampilan Kerja Ilmiah merupakan keterampilan atau keterampilan siswa dalam melakukan percobaan secara runtut dan sesuai dengan langkah-langkah percobaan yang akan dilakukan. Predict-Observe-Explain adalah model pembelajaran yang melatih dan menuntut siswa untuk melakukan kegiatan prediksi, observasi, dan menjelaskan. Hipotesis tindakan dalam penelitian yaitu penerapan model Predict-Observe-Explain berbantuan modul praktikum dapat meningkatkan keterampilan kerja ilmiah siswa kelas V pada mapel IPA materi alat pernapasan manusia. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN Langenharjo 01 Pati dengan subjek penelitian yaitu 25 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model Predict-Observe-Explain sedangkan variabel terikat yaitu keterampilan kerja ilmiah siswa kelas V SDN Langenharjo 01 Pati. Instrumen penelitian ini yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan kerja ilmiah siswa pada mapel IPA materi alat pernapasan manusia pada siklus I sebesar 66,6% (baik) dan siklus II sebesar 80,2% (baik). Hasil penelitian juga terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru pada siklus I sebesar 71% (baik) menjadi 83% (baik) pada siklus II. Hal itu membuktikan bahwa terjadinya peningkatan keterampilan kerja ilmiah siswa dengan diterapkannya model Predict-Observe-Explain berbantuan modul praktikum pada mapel IPA materi alat pernapasan manusia pada siswa kelas V SDN Langenharjo 01 Pati. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN Langenharjo 01 Pati dapat disimpulkan bahwa model Predict-Observe-Explain berbantuan modul praktikum dapat meningkatkan keterampilan kerja ilmiah siswa. Untuk itu disarankan dalam peningkatan keterampilan kerjaa ilmiah siswa menggunakan model Predict-Observe-Explain berbantuan modul praktikum, guru hendaknya melatih siswa dalam mengembangkan keterampilan kerja ilmiah siswa agar dapat dengan mudah memahami materi yang disampaikan. Selain itu, guru hendaknya dapat mengoptimalkan proses pembelajaran dalam menerapkan model pembelajaran Predict-Observe-Explain berbantuan modul praktikum dengan memberikan penghargaan kepada siswa yang aktif dan sanksi kepada siswa yang tidak tertib.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Fina Fakhriyah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Predict-Observe-Explain, Modul Praktikum, Keterampilan Kerja Ilmiah, IPA
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 08 Jun 2018 03:32
Last Modified: 08 Jun 2018 03:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8998

Actions (login required)

View Item View Item