PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SDN 2 JOJO MEJOBO KUDUS

STYANA, KURNIATI (2018) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SDN 2 JOJO MEJOBO KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (530kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (240kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (450kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (618kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (179kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (124kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (125kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Peningkatan Motivasi Belajar IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Role Playing pada Siswa Kelas V SDN 2 JOJO Mejobo Kudus. Motivasi Belajar merupakan kekuatan yang menjadi pendorong kegiatan individu untuk melakukan suatu kegiatan mencapai tujuan. Role Playing merupakan suatu model pembelajaran inovatif yang dilakukan dengan berkelompok yang setiap anggota kelompok melakukan bermain peran di suatu teks skenario. Hipotesis tindakan penelitian ini yakni peningkatan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan penerapan model Role Playing untuk peningkatan Motivasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SDN 2 JOJO Mejobo Kudus 2016/2017. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SDN 2 JOJO dengan subjek penelitian peneliti sebagai guru dan 23 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas yakni model pembelajaran Role Playing. Sedangkan variabel terikatnya yakni Motivasi Belajar. Instrumen penelitian ini yakni tes tertulis, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Role Playing dapat meningkatkan Motivasi Belajar IPS materi Peninggalan Sejarah Hindu-Budha dan Islam, keterampilan mengajar guru dan aktivitas siswa; (1) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh rata-rata 73% kriteria baik, dan meningkat pada siklus II memperoleh 96%; (2) Aktivitas belajar siswa meningkat cukup signifikan, pada ranah afektif siklus I (52%) kategori baik, dan siklus II menjadi 96% dalam kategori baik. Ranah psikomotorik pada siklus I 67% kategori baik, siklus II menjadi 81% kategori sangat baik.(3) presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 52,1% termasuk pada kategori baik, dan siklus II meningkat menjadi 86,9% kategori sangat baik. Simpulan dalam penelitian ini yakni penggunaan model Role Playing dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa dan motivasi belajar pada kelas V 2 JOJO Mejobo Kudus. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Role Playing guru harus memperhatikan karakteristik siswa dan bagi sekolah perlu menindak lanjuti dan memakai model Role Playing pada mata pelajaran yang lain dengan memperhatikan karakteristik siswa, materi, dan juga proses pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dra. Sumarwiyah, M.Pd Kons
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Motivasi Belajar IPS, Model Role Playing
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 08 Jun 2018 03:54
Last Modified: 08 Jun 2018 03:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9001

Actions (login required)

View Item View Item