JANIATI, KURNIA (2018) PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI BANGUN DATAR KELAS V SD 2 GARUNG LOR KUDUS. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (hal. judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version Download (3MB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (685kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (596kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (233kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (24MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran matematika melalui pendekatan Matematika Realistik berbantuan media manipulatif, (2) mendeskripsikan aktivitas belajar matematika siswa melalui pendekatan Matematika Realistik berbantuan media manipulatif.dan (3) mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika melalu pendekatan Matematika Realistik berbantuan media manipulatif kelas V SD 2 Garung Lor pada materi luas bangun datar trapesium dan layang-layang. Pemahaman konsep matematika merupakan kompetensi yang ditujunkkan siswa dalam memahami konsep dan dalam melakukan prosedur (alogaritma) secara luwes, akurat, efisien dan tepat. Pendekatan matematika realistik adalah suatu pendekatan pembelajaran matematika yang memanfaatkan realita dan lingkungan yang dialami oleh siswa untuk mencapai tujuan pendidikan matematika yang lebih baik. Media manipulatif merupakan alat bantu mata pelajaran matematika dapat dimanipulasi oleh siswa (dibalik, dipotong, digeser, dipindahkan, digambar, dipilah, dikelompokkan, atau diklasifikasikan). Hipotesis penelitian tindakan kelas ini adalah keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan kemampuan pemahaman konsep melalui penerapan pendekatan Matematika Realistik berbantuan media manipulatif pada mata pelajaran matematika. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 2 Garung Lor Kudus dengan subjek penelitian 20 siswa. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu pendekatan Matematika Realistik, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini yaitu kemampuan pemahaman konsep matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika pada siklus I sebesar 70% menjadi 80% pada siklus II. Didukung dengan peningkatan aktivitas pemahaman konsep siswa pada siklus I memperoleh skor 1,82 (cukup baik) menjadi 2,90 (Baik) pada siklus II. Selain itu, keterampilan guru mengelola pembelajaran matematika juga meningkat pada siklus I memperoleh skor 2,49 (Cukup baik) menjadi 3,06 (Baik) pada siklus II . Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dikelas V SD 2 Garung Lor dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan matematika realistik berbantuan media manipulatif dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa serta kemampuan pemahaman konsep matematika siswa materi bangun datar kelas V SD 2 Garung Lor. Disarankan untuk menggunakan penerapan pendekatan matematika realistik pada mata pelajaran lain dengan jenjang kelas yang lain, serta dapat digunakan dan dikembangkan guna meningkatkan mutu pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd |
Kata Kunci: | Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep, Matematika Realistik, Luas bangun datar trapesium dan layang-layang, Media Manipulatif. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 09 Jun 2018 02:50 |
Last Modified: | 09 Jun 2018 02:50 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9006 |
Actions (login required)
View Item |