PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PETUNJUK DENGAN MODEL TREFFINGER TEMA MANFAAT ENERGI KELAS IV SD 1 PRAMBATAN KIDUL KUDUS

AYU, SISKA MARTHA (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PETUNJUK DENGAN MODEL TREFFINGER TEMA MANFAAT ENERGI KELAS IV SD 1 PRAMBATAN KIDUL KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (421kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (245kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (364kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (317kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (580kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (350kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (101kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (305kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar dan keterampilan menulis teks petunjuk penggunaan alat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif melalui penerapan model treffinger dalam tema manfaat energi pada peserta didik kelas IV SD 1 Prambatan Kidul Kudus. Kemampuan menulis petunjuk merupakan suatu kegiatan menuangkan gagasan, pikiran, dan perasaan dalam bentuk tulisan yang bertujuan untuk memberikan ketentuan-ketentuan tentang sesuatu agar dapat dilakukan oleh orang lain dengan baik dan benar. Adapun model treffinger adalah model yang berupaya untuk mengajak peserta didik berpikir kreatif dalam memecahkan masalah dengan memperhatikan fakta-fakta penting yang ada di lingkungan sekitar lalu memunculkan berbagai gagasan dan memilih solusi yang tepat untuk diimplementasikan secara nyata. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe treffinger dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran Bahasa Indonesia, meliputi keterampilan guru dalam mengajar, aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik dalam menulis teks petunjuk penggunaan alat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif pada kelas IV di SD 1 Prambatan Kidul Kudus tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 1 Prambatan Kidul Kudus dengan subjek penelitian 26 peserta didik. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model treffinger. Sedangkan variabel terikat adalah keterampilan menulis teks petunjuk. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran menulis teks petunjuk. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 2,7 dengan kategori baik meningkat pada siklus II sebesar 3,6 dengan kategori sangat baik. Selain itu juga ada peningkatan aktivitas peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan hasil observasi aktivitas peserta didik pada pelaksanaan tindakan siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 65,8% dengan kategori baik meningkat di siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 78,5% dengan kategori baik. Adapun peningkatan ketuntasan nilai keterampilan menulis teks petunjuk dalam tema manfaat energi cukup signifikan antara siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 7,3 dengan kategori baik disertai ketuntasan belajar 42,3 dengan kategori sedang. Dan meningkat di siklus II diperoleh nilai rata kelas 8,1 dengan kategori sangat baik disertai ketuntasan belajar 100% dengan kategori sangat tinggi. Hal itu membuktikan penerapan model pembelajaran treffinger dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran, meliputi keterampilan guru dalam mengajar, aktivitas belajar dan keterampilan peserta didik dalam menulis teks petunjuk penggunaan alat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif pada kelas IV di SD 1 Prambatan Kidul Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Prambatan Kidul Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model treffinger terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis teks petunjuk penggunaan alat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam tema manfaat energi. Untuk itu disarankan hendaknya guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif treffinger sebagai salah satu alternatif kegiatan pembelajaran. Model tersebut terbukti dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis teks petunjuk dan dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Serta, guru hendaknya melatih peserta didik untuk gemar menulis. Memberi pelatihan terkait pembuatan kalimat efektif dan penggunaan ejaan dan tanda baca yang benar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Treffinger, Menulis Teks Petunjuk, Manfaat Energi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 09 Jun 2018 03:47
Last Modified: 09 Jun 2018 03:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9013

Actions (login required)

View Item View Item