PENINGKATAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD 1 PURWOREJO KUDUS

QIBTIYAH, MARIYATUL (2018) PENINGKATAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD 1 PURWOREJO KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal. judul) - Accepted Version
Download (877kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (268kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (445kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (494kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (396kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (238kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (265kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui model Problem Based Learning berbantuan media manipulatif kelas V SD 1 Purworejo pada materi volume bangun ruang kubus dan balok, (2) mendeskripsikan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran matematika melalui model Problem Based Learning berbantuan media manipulatif, dan (3) mendeskripsikan aktivitas belajar matematika siswa melalui model Problem Based Learning berbantuan media manipulatif. Pemecahan masalah matematika merupakan pengetahuan yang dimiliki siswa sebelumnya yang digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang sedang dihadapi sehingga seorang siswa tersebut dapat meningkatkan proses berpikir kritis yang terarah. Problem Based Learning merupakan model pembelajaran berbasis masalah dengan melibatkan siswa dalam keterampilan memecahkan masalah yang nyata agar siswa dapat berpikir kritis sehingga dapat menembah pengetahuan baru. Media manipulatif adalah sebuah alat yang digunakan untuk membantu guru dalam proses belajar mengajar di kelas yang dapat dipindahkan, dipasang, dibolak-balik, diatur, dilipat yang bisa terbuat dari bahan karton, kertas, kayu sehingga guru dapat mudah dalam menyampaikan materi kepada siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Purworejo Kudus dengan subjek penelitian 22 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu model Problem Based Learning, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siklus I dan siklus II, yaitu dari 63,81 (Baik) menjadi 81,06 (Sangat baik) dengan persentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 64% (Tinggi) menjadi 81,81% (Sangat Tinggi) pada siklus II. Didukung dengan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran matematika pada siklus I memperoleh skor sebesar 3,09 (Baik) menjadi 3,65 (Sangat Baik) pada siklus II. Selain itu, aktivitas pemecahan masalah siswa juga meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu pada siklus I memperoleh skor sebesar 2,33 (Cukup Baik) menjadi 2,82 (Baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan di kelas V SD 1 Purworejo dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media manipulatif dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, keterampilan mengajar guru, serta aktivitas belajar siswa pada materi bangun ruang kelas V SD 1 Purworejo. Untuk itu saran dala penelitian ini diharapkan guru maupun peneliti lain bisa melakukan penelitian lanjutan terkait dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran lain dengan jenjang kelas yang lain, serta dapat digunakan dan dikembangkan guna untuk meningkatkan mutu.pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemampuan Pemmecahan Masalah, Problem Based Learning, Media Manipulatif Volume bangun ruang kubus dan balok.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 09 Jun 2018 04:28
Last Modified: 09 Jun 2018 04:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9015

Actions (login required)

View Item View Item