PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BAMBOO DANCING BERBANTUAN MEDIA KOMIK KELAS V SD NEGERI MARGOREJO 01 PATI

SORAIDA, DANIS (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BAMBOO DANCING BERBANTUAN MEDIA KOMIK KELAS V SD NEGERI MARGOREJO 01 PATI. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (988kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (157kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (215kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (399kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (205kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (187kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (189kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran bamboo dancing berbantuan media komik dan menemukan peningkatan keterampilan menulis pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi Karangan Narasi kelas V SD Negeri Margorejo 01. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model bamboo dancing berbantuan media komik dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi, keterampilan guru, dan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni (1) persentase ketuntasan belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia materi karangan narasi siklus I diperoleh hasil 17 siswa tuntas dan 8 siswa belum tuntas dengan ketuntasan klasikal 68%, meningkat pada siklu II diperoleh hasil 21 siswa tuntas dan 4 siswa belum tuntas dengan ketuntasan klasikal 84%; (2) keterampilan dasar mengajar guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh pencapaian rata-rata 80,35 % dengan kriteria “baik”, dan meningkat pada siklus II memperoleh pencapaian rata-rata 91,07% dengan kriteria “sangat baik”; (3) aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangan narasi pada siklus I diperoleh rata-rata pencapaian 81,10% dengan kriteria “sangat baik”, dan meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata pencapaian 81,80% dengan kategori “sangat baik”. Berdasakan hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model bamboo dancing berbantuan media komik dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V di SD Negeri Margorejo 01. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model bamboo dancing berbantuan media komik dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa, keterampilan guru, dan aktivitas siswa kelas V di SD Negeri Margorejo 01. dan saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menerapkan model bamboo dancing berbantuan media komik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V. Bagi siswa, hendaknya siswa berperan aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Bagi peneliti lain, penelitian ini diharapkan mampu memicu berkembangnya penelitian-penelitian baru yang lebih kreatif dan inovatif, khususnya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia aspek keterampilan menulis.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Utaminigsih, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Keterampilan Menulis Narasi, Bamboo Dancing,Media Komik
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 09 Jun 2018 04:04
Last Modified: 09 Jun 2018 04:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9016

Actions (login required)

View Item View Item