PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI PEMERINTAHAN DESA DAN KECAMATAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE PADA SISWA KELAS IV SD 3 MENAWAN

PAMBUDI, ANDIK ARRY (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI PEMERINTAHAN DESA DAN KECAMATAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE PADA SISWA KELAS IV SD 3 MENAWAN. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (482kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (491kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (491kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (704kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (143kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (876kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (143kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (93kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Crossword Puzzle dan menemukan peningkatan keterampilan guru, aktivitas dan peningkatan hasil belajar PKn pada kelas IV SD 3 Menawan Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Teams Games Tournament merupakan model pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan. Dalam penerapannya menggunakan turnamen akademik antar tim/kelompok yang dapat menciptakan kegiatan yang menarik, menantang dan menyenangkan dalam pembelajaran. Crossword Puzzle merupakan suatu permainan mengisi kotak-kotak kosong yang telah disusun sedemikian rupa dengan jawaban yang tepat sesuai dengan pertanyaan/soal yang disediakan. Rancangan penelitian ini dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleki. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD 3 Menawan. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Jenis data: kualitatif dan kuantitatif. Sumber data: guru, siswa dan dokumentasi. Teknik pengambilan data meliputi teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Crossword Puzzle dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari persentase 76,28% menjadi 83,18%. aktivitas siswa ranah afektif pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 60,5% menjadi 79,80%. aktivitas siswa ranah psikomotorik pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 60,8% menjadi 78%. hasil belajar kognitif juga meningkat dilihat dari peningkatan pada siklus I ke siklus II yaitu dari 69% menjadi 85%. Simpulan dari penelitian ini yaitu, melalui model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Crossword Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar PKn. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bahwa, pada proses pembelajaran guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta melibatkan aktivitas seluruh siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Media Crossword Puzzle
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 09 Jun 2018 04:11
Last Modified: 09 Jun 2018 04:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9017

Actions (login required)

View Item View Item