PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER KELAS IV SD N 2 SIDOREKSO KALIWUNGU KUDUS TAHUN AJARAN 2016/2017

Puspita, Dwi Tania Arum (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER KELAS IV SD N 2 SIDOREKSO KALIWUNGU KUDUS TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal. judul) - Accepted Version
Download (560kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (210kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (471kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (750kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (377kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (268kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (116kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan ketrampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi dengan cara menerapkan model Numbered Head Together pada siswa kelas IV SD N 2 Sidorekso Kaliwungu Kudus Tahun Ajaran 2016/2017. Model pembelajaran NHT adalah suatu model pembelajaran yang lebih mengedepankan kepada aktivitas siswa dalam mencari, mengolah, dan melaporkan informasi dari berbagai sumber yang akhirnya dipresentasikan didepan kelas. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD N 2 Sidorekso Kaliwungu Kudus dengan subyek penelitian 34 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered Head Together. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran PKn. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan pada keterampilan guru, dan hasil belajar siswa. Keterampilan guru pada siklus I diperoleh rata-rata 78,33% (baik)dan meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata 89,16% (sangat baik). Adapun hasil belajar ranah afektif secara klasikal pada siklus I memperoleh 77,57% (Baik), sedangkan siklus II meningkat menjadi 87,60% (sangat baik). Adapun hasil belajar psikomotorik siswa secara klasikal pada siklus I memperoleh 77,04% (baik), sedangkan siklus II meningkat menjadi 85,60% (sangat baik). Sedangkan pada aspek kognitif dilihat pada siklus I ke siklus II yaitu memperoleh persentase keberhasilan 61,76% dengan rata-rata 74,26 (baik). Sedangkan siklus II meningkat menjadi 88,24% dengan rata-rata 81,47 (baik) Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas disimpulkan bahwa penerapan model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 2 Sidorekso Kaliwungu Kudus. Adapun saran yang diberikan yakni guru dapat menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together sebagai alternatif model dalam pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. MURTONO, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hasil Belajar PKn, Numbered Head Together, Globalisasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 09 Jun 2018 05:55
Last Modified: 09 Jun 2018 05:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9020

Actions (login required)

View Item View Item