PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MATERI SUMBER DAYA ALAM DALAM KEGIATAN EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SD 4 GETAS PEJATEN KECAMATAN JATI

HERYANTO, ALFIAN EKO (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MATERI SUMBER DAYA ALAM DALAM KEGIATAN EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SD 4 GETAS PEJATEN KECAMATAN JATI. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (428kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (157kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (379kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (450kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (773kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (141kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (129kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (126kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS materi sumber daya alam dalam kegiatan ekonomi kelas IV menggunakan model Mind Mapping melalui media gambar, untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran IPS materi sumber daya alam dalam kegiatan ekonomi kelas IV. Pada penelitian ini kajian pustaka yang dibahas yaitu hasil belajar, model Mind Mapping dan media gambar. Belajar sendiri merupakan suatu rangkaian kegiatan untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut afektif, psikomotorik dan kognitif. Hasil belajar merupakan kemampuan-kemampuan yang mencakup aspek afektif, psikomotorik dan kognitif. Mind Mapping merupakan sebuah peta pikiran yaitu pemanfaatan seluruh keterampilan otak dengan menggunakan citra visual dan prasarana grafis lainnya untuk membentuk kesan. Media gambar dalam suatu media pembelajaran yang berbentuk dua dimensi dimana media ini sering digunakan dalam setiap pembelajarannya karena kemudahan dalam mendapatkan dan penggunaannya tidak memerlukan perlengkapan serta tidak perlu diproyeksikan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas IV SD 4 Getas Pejaten dengan subjek penelitian 22 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus diantaranya siklus I dengan 2 pertemuan dan siklus II dengan 2 pertemuan, dimana dalam setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Mind Mapping melalui media gambar. Sementara variabel terikatnya yaitu peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data di antaranya wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis data yang berupa teknik analisis data kauntitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai klasikal 73% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85% dengan kategori sangat baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus I mendapatkan nilai 65,2% dengan kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan perolehan 78,03% dengan kategori baik. Hasil belajar siswa ranah afektif siswa pada siklus I memperoleh persentase nilai 60% dengan kategori sedang, pada siklus II persentase nilai 78% dengan kategori tinggi. Pada ranah psikomotorik siswa pada siklus I persentase klasikal nilai siswa 63% dengan kategori cukup dan pada siklus II persentase klasikal nilai siswa 80% kategori tinggi. Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata nilai siswa mencapai 70,2 dengan persentase ketuntasan siswa 72,7%. Hasil belajar meningkat pada siklus II dengan rata- rata nilai siswa mencapai 75,5 dengan persentase ketuntasan 77,3%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model Mind Mapping berbantuan media gambar dapat meningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SD 4 Getas Pejaten. Adapun saran yang diberikan guru yaitu guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan model- model yang variatif salah satunya menggunakan model pembelajaran Mind Mapping.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Masturi, MM.,
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Mind Mapping, Media Gambar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 09 Jun 2018 04:44
Last Modified: 09 Jun 2018 04:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9021

Actions (login required)

View Item View Item