PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF BANGUN RUANG

WULANDARI, IIS (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF BANGUN RUANG. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of cover]
Preview
PDF (cover)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (393kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (213kB) | Preview
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas V SD N Durensawit 01 Pati masih tergolong tidak kreatif. Pada kegiatan studi pendahuluan rata-rata persentase setiap indikator berpikir kreatif mencapai 25,13% pada kriteria tidak kreatif. Selain itu, penggunaan media maupun metode yang digunakan juga belum melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran matematika. Masalah tersebut dapat diatasi dengan penerapan model creative problem solving berbantuan media manipulatif bangun ruang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika, aktivitas belajar pada siswa kelas V serta peningkatan keterampilan guru di SD N Durensawit 01 Pati melalui penerapan model creative problem solvving berbantuan media manipulatif bangun ruang pada materi luas kubus dan balok. Penelitian yang dilakukan adalah penelitia n tindakan kelas yang dilaksanakan di SD N Durensawit 01 Pati dengan subjek 13 siswa kelas V. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model creative problem solving berbantuan media manipulatif bangun ruang, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Penelitian tindakan kelas ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata persentase setiap indikator kemampuan berpikir kreatif matematika siswa adalah 58,14% pada kriteria cukup kreatif dengan ketuntasan klasikal 38,46% pada siklus I meningkat pada siklus II dengan persentase setiap indikatornya mencapai 79,55% pada kriteria kreatif dengan ktuntasan klasikal 79,92% (2) rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 60,83% dengan kriteria baik meningkat pada siklus II menjadi 82% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa penerapan model creative problem solving berbantuan media manipulatif bangun ruang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika, aktivitas belajar siswa pada materi luas kubus dan balok, serta keterampilan guru di SD Negeri Durensawit 01 Pati. Maka dari itu, penggunaan model creative problem solving lebih baik diterapkan pada pembelajaran matematika lainnya guna membantu siswa untuk berpikir kreatif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.
Kata Kunci: Kata Kunci: Berpikir Kreatif Matematika, Creative Problem Solving, Media Manipulatif Bangun Ruang
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 09 Jun 2018 04:49
Last Modified: 09 Jun 2018 04:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9022

Actions (login required)

View Item View Item