PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 3 KARANGMALANG KUDUS

RAHAYU, DWI PUJI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 3 KARANGMALANG KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (464kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (187kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (278kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (638kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (217kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (166kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (163kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan keterampilan guru mengelola pembelajaran dan menjelaskan peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 3 Karangmalang Kudus melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing. Hasil belajar IPS merupakan pencapaian usaha siswa pada mata pelajaran IPS setelah melalui serangkaian aktivitas pembelajaran IPS di sekolah yang diperoleh melibatkan bidang kemampuan berifikir (cognitive), kemampuan merasakan (afective), dan kemampuan keterampilan (psycomotoric). Snowball Throwing merupakan model pembelajaran yang membangun pengetahuan siswa dalam kelompok melalui kemahiran merumuskan dan menjawab pertanyaan pada lembaran kertas dibentuk bulat menyerupai bola. Penelitan tindakan kelas ini difokuskan siswa kelas V SD Negeri 3 Karangmalang Kudus dan keterampilan guru mengelola pembelajaran IPS. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus mengacu pada desain Penelitian Tindakan Kelas dari Kemmis dan Mc. Taggart meliputi perencanaan, pelaksanaan, penagamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan tercapainya peningkatan keterampilan guru mengelola pembelajaran yang signifikan pada siklus I diperoleh skor 2,45 (baik) meningkat di siklus II sebesar 3,45 (sangat baik). Hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 3 Karangmalang Kudus pada domain kognitif, afektif, dan psikomotor mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Ketuntasan belajar klasikal hasil belajar kognitif siklus I 73,57 dan siklus II 82,32. Peningkatan terjadi pada hasil belajar domain afektif siklus I 63% (cukup) hingga siklus II 82% (baik). Sedangkan tingkat keberhasilan hasil belajar domain psikomotor siklus I mencapai 61% (cukup) meningkat di siklus II mencapai 81% (baik). Simpulan hasil penelitian penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dinyatakan berhasil meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 3 Karangmalang Kudus. Saran diberikan kepada: (1) siswa mampu mempertahankan kemampuannya mengikuti pembelajaran IPS, (2) guru dapat menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing sebagai solusi alternatif inovasi pembelajaran IPS kreatif dan menyenangkan, (3) sekolah mendukung dan memfasilitasi guru melakukan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Ibu Ika Oktavianti, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hasil Belajar IPS, Snowball Throwing, IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 09 Jun 2018 04:55
Last Modified: 09 Jun 2018 04:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9023

Actions (login required)

View Item View Item