PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN SAMBIROTO KECAMATAN GAJAH KABUPATEN DEMAK

NISA, WULAN AYU (2018) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN SAMBIROTO KECAMATAN GAJAH KABUPATEN DEMAK. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (102kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (130kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (338kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (277kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (157kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (154kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (70kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi dengan cara menerapkan model pembelajaran make a match. Model Pembelajaran make a match adalah suatu model yang dapat memupuk kerja sama siswa dalam menjawab pertanyaan dengan mencocokkan kartu yang ada di tangan siswa, proses pembelajaran lebih menarik dan terlihat sebagian besar siswa lebih antusias mengikuti proses pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SDN Sambiroto Demak dengan subjek penelitian 22 siswa, penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Variable bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran make a match sedangkan variable terikat adalah hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran PKn. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari tindakan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model make a match dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari persentase 80,17% menjadi 84,91%. Aktivitas siswa pada siklus I ke siklus II meningkat dari persentase 75,28% menjadi 84,66%, hasil belajar pada ranah kognitif juga meningkat dilihat dari peningkatan pada siklus I ke siklus II yaitu dari 68,18% menjadi 86,36%.Pada ranah afektif juga meningkat dilihat dari siklus I ke siklus II yaitu dari 62,5%menjadi 84,43%, ranah psikomotrik juga meningkat dilihat dari peningkatan pada siklus I ke siklus II yaitu dari 56,02%menjadi 84,21%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN Sambiroto Demak dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswapada ranah kognitif, afektif, psikomotorik pada pelajaran PKn materi globalisasi kelas IV SDN Sambiroto Demak. Saran dalam penelitian ini,guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat merangsang siswa agar tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran khususnya mata pelajaran PKn.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Moh.Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata-kata Kunci: Hasil Belajar, PKn, make a match, Materi Lembaga Pemerintahan
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 09 Jun 2018 05:01
Last Modified: 09 Jun 2018 05:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9024

Actions (login required)

View Item View Item