PENERAPAN MODEL INQUIRY BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK SISWA KELAS IV SD 5 JEPANG MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR

ZULFAH, UMMU (2018) PENERAPAN MODEL INQUIRY BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK SISWA KELAS IV SD 5 JEPANG MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (543kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (310kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (714kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (800kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (165kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (258kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (370kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (20MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan penerapan model inquiry berbantuan media manipulatif untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematik siswa kelas IV SD 5 Jepang materi keliling dan luas bangun datar, (2) untuk mendeskripsikan aktiivtas belajar siswa kelas IV SD 5 Jepang pada mata pelajaran matematika materi keliling dan luas bangun datar dengan menerapkan model pembelaran inquiry berbantuan media manipulatif, dan (3) untuk mendeskripsikan keterampilan mengajar guru dalam menerapkan model pembelajaran inquiry berantuan media manipulatif pada pelajaran matematika materi keliling dan luas bangun datar siswa kelas IV SD 5 Jepang. Kemampuan koneksi matematik merupakan kemampuan mencari, memahami, dan menerapkan hubungan antara ide-ide matematis yang saling berhubungan dan membangun ide satu sama lain untuk menghasilkan keseluruhan yang saling terkait dalam ilmu matematika dan di luar konteks matematika. Inkuiry adalah suatu rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analisis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan kemampuan koneksi matematik, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran matematika materi keliling dan luas bangun datar melalui penerapan model pembelajaran inquiry berbantuan media manipulatif kelas IV di SD 5 Jepang. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 5 Jepang dengan subjek penelitian 41 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran inquiry berbantuan media manipulative. Sedangkan variabel terikat adalah kemampuan koneksi matematik. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, angket, dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deksripsi kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan nilai kemampuan koneksi matematik pada materi keliling dan luas bangun datar yang cukup signifikan antar lain siklus I (56,1%) dan siklus II (78,05%).Didukung dengan peningkatan keterampilan belajar matematika siswa pada siklus I 67,79 (baik) menjadi 78,2 (sangat baik) pada siklus II. Data pendukung lain yakni, peningkatan yang cukup signifikan pada aktivitas belajar siswa dalam mengkoneksikan matematik siklus I 67,7% (cukup) menjadi 82,93% (baik) pada siklus II. Keterampilan mengajar guru dalam pengelolaan pembelajaran model pembelajaran inquiry juga mengalami peningkatan pada siklus I 66,23% (cukup) menjadi 82,21% (baik) pada siklus II. Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran inquiry berbantuan media manipulatif dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematik siswa kelas IV SD 5 Jepang materi keliling dan luas bangun datar. Berdasarkan pada hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 5 Jepang dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inquiry berbantuan media manipullatif dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematik siswa kelas IV SD 5 Jepang materi keliling dan luas bangun datar. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model pembelajaran inquiry guru harus memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengarah pada penemuan konsep agar siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikirnya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Inquiry, Koneksi Matematik, Keliling dan Luas Bangun Datar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 09 Jun 2018 05:09
Last Modified: 09 Jun 2018 05:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9025

Actions (login required)

View Item View Item