PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN PKn UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUWO 03 PATI

ARIBOWO, ANDI PURBO (2018) PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN PKn UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUWO 03 PATI. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal depan) - Accepted Version
Download (587kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (199kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (299kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (551kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (147kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (114kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (186kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Organisasi, mendeskripsikan aktifitas siswa kelas V SDN 03 Guwo Pati pada pembelajaran PKn materi Organisasi melalui penerapan model Role Playing, dan mendeskripsikan ketrampilan guru pada pembelajaran PKn materi Organisasi dengan menggunakan model Role Playing. Hasil Belajar adalah perubahan yang terjadi pada diri siswa dari hasil kegiatan belajar yang telah dilakukan. Pendidikan kewarganegaraan adalah ilmu yang menjelaskan tentang hubungan antara warga negara maupun warga negara dengan negara supaya mengerti hak dan kewajibannya. Kajian materinya adalah Oganisasi. Role Playing merupakan suatu model pembelajaran yang mengajak siswa aktif dalam pembelajaran dengan memainkan peran sesuai karakter yang telah ditentukan, sehingga siswa mampu menjiwai dan mendalami peran yang dilakonkannya. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus, masing-masing tiap siklus adalah 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 20 siswa kelas V SD 03 Guwo Pati. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Tes diuji validitasnya dengan rumus korelasi product moment, dan reabilitas dengan menggunakan rumus KR-20. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif dan kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase 60% meningkat 90% pada siklus II. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase 65,28% meningkat menjadi 78,47% pada siklus II. Persentase hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I memperoleh persentase 78,25% meningkat menjadi 86,75% pada siklus II dan hasil belajar siswa ranah psikomotorik pada siklus I 65,63% meningkat menjadi 78,125% pada siklus II. Simpulan peneliti bahwa penggunaan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan pembelajaran PKn materi organisasi kelas V di SDN Guwo 03 Pati. Saran dalam penelitian ini adalah Sebagai seorang siswa, Agar pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model role playing berjalan lancar, maka siswa hendaknya dapat berperan aktif dalam pembelajaran yang ditunjukkan dengan berani bertanya kepada guru dan tidak malu untuk mengemukakan mendapat serta menghargai pendapat teman

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr.Murtono,MP.D.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci = Role Playing, hasil belajar siswa, keterampilan guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 11 Jun 2018 02:36
Last Modified: 11 Jun 2018 02:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9027

Actions (login required)

View Item View Item