PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD 1 SAMIREJO DAWE KUDUS

TAUFIQ, TIASTONO (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD 1 SAMIREJO DAWE KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (614kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to hanya untuk Staf Repositori

Download (300kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (677kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (488kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (308kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (152kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (224kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam menerapkan model pembelajaran Kooperatiftipe Think Pair Share (TPS) dan (2) menemukan peningkatan hasil belajar pada pembelajaran IPA materi hubungan sumber daya alam dengan lingkungan pada siswa kelas IV SD1 Samirejo Dawe Kudus. Peningkatan pembelajaran dalam penelitian ini adalah mengenai keterampilan guru dalam menerapkan model pembelajaran dan hasil belajar yang dicapai dalam pembelajaran IPA. Pembelajaran IPA adalah pembelajaran alam yang yang terkait dengan kehidupan manusia.Think Pair Share (TPS) adalah model pembelajaran kooperatif dimana siswa bekerja kelompok dengan cara berpasangan sebangku-sebangku (think-pairs), dan presentasi kelompok (share). Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku berupa kognitif, afektif, dan psikomotorik yang diperoleh pembelajaran setelah menerima pengalaman belajarnya. Maka, untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal perlu adanya interaksi antara guru dan siswa secara maksimal dan penggunaan model pembelajaran yang bervariasi karena pada dasarnya hasil belajar sebagai tolok ukur dalam menentukan keberhasilan belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD1 Samirejo Dawe Kudus dengan subjek penelitian 12 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. variabel bebas adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Sedangkan variabel terikat adalah peningkatan pembelajaran IPA. Teknik pengumpulan data meggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan siklus I hasil belajar siswa ranah kognitif memperoleh persentase 58,34% meningkat 83,33% pada siklus II. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase 70,3% meningkat menjadi 79,14% padasiklus II. Persentase hasil belajar siswa ranah afektif dan psikomotorik pada siklus I65,38% meningkat menjadi 79,31% pada siklus II. Simpulan peneliti bahwa penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD 1 Samirejo Dawe Kudus. Saran dalam penelitian ini adalah sebagai seorang siswa, hendaknya selalu mendengarkan dengan sungguh-sungguh ketika guru menjelaskan materi, jangan berbicara sendiri atau mengganggu teman lain yang sedang mendengarkan penjelasan guru.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr.Murtono,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci:Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), Peningkatan HasilBelajar IPA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 11 Jun 2018 03:06
Last Modified: 11 Jun 2018 03:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9037

Actions (login required)

View Item View Item