PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE TIPE ROLE-PLAYING BERBANTU WAYANG GAMBAR UNTUK KELAS V SDN I GENENG MIJEN DEMAK

Shofwana, Rifda Fauziyah (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE TIPE ROLE-PLAYING BERBANTU WAYANG GAMBAR UNTUK KELAS V SDN I GENENG MIJEN DEMAK. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (halaman judul) - Accepted Version
Download (547kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (344kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (749kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (593kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (370kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (206kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (319kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS SDN 1 Geneng Mijen Demak dengan menerapkan model Role playing. Model pembelajaran Role playing meupakan model pembelajaran yang fokus pada bermain peran. Model ini membantu masing masing siswa untuk menemukan makna pribadi dalam dunia sosial mereka dan membantu memecahkan dilema pribadi dengan bantuan kelompok. Sintaks role playing dalam penelitian antara lain Pemilihan masalah, Pemilihan peran, Menyusun tahap-tahap bermain peran, Menyiapkan pengamat, Diskusi dan Evaluasi, Pengambilan kesimpulan dari permainan/bermain peran yang telah dilakukan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 1 Geneng dengan subjek penelitian guru dan 18 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Role playing. Sedangkan variabel terikat adalah pembelajaran yang terdiri dari keterampilan guru mengajar dan hasil belajar meliputi ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing berbantu wayang gambar dapat meningkatkan IPS siswa kelas V SD 1 Geneng. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Peningkatan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II meningkat dari 73% kriteria cukup baik menjadi 86% kriteria sangat baik (2) Hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I memperoleh 65% kriteria cukup baik meningkat pada siklus II menjadi 80% kategori baik, hasil belajar siswa ranah psikomotorik pada siklus I memperoleh 65% kategori cukup baik meningkat pada siklus II menjadi 77,08% kategori baik dan hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus I memperoleh 67% meningkat pada siklus II menjadi 89% dari ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan yaitu 75%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Role Playing berbantu wayang gambar pada pembelajaran IPS materi perjuangan pada masa Hindhu, Budha dan Islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD 1 Geneng. Saran untuk siswa, diharapkan lebih berperan aktif pada pembelajaran. Untuk sekolah, diharapkan sekolah menfasilitasi sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar. Bagi peneliti selanjutnya, dapat dijadikan sebagai salah satu refleksi untuk melakukan peneliti yang serupa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Model Role playing, Hasil Belajar IPS.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 11 Jun 2018 03:29
Last Modified: 11 Jun 2018 03:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9044

Actions (login required)

View Item View Item