PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn KELAS V SDN 2 JOJO KUDUS

ARYANI, IKA ERIKA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn KELAS V SDN 2 JOJO KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal. judul) - Accepted Version
Download (559kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (176kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (276kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (555kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (202kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (27kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (108kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan model pembelajaran Make A Match berbantuan media gambar dalam pembelajaran PKn kelas V SDN 2 Jojo, mendeskripsikan aktivitas siswa setelah diterapkan model pembelajaran Make A Match berbantuan media gambar dalam pembelajaran PKn kelas V SDN 2 Jojo,dan menemukan peningkatan hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran Make A Match berbantuan media gambar dalam pembelajaran PKn kelas V SDN 2 Jojo. Hasil belajar merupakan perubahan yang terjadi pada diri siswa sebagai hasil dari kegiatan belajar yang telah dilakukan. PKn merupakan cabang ilmu pengetahuan yang membangun siswa untuk memiliki pengetahuan dan kepribadian cinta tanah airndan bangsa yang mencerminkan nilai-nilai pancasila. Model pembelajaran Make A Match adalah suatu model pembelajaran yang menekankan keaktifan dan kerja sama antar siswa dalam proses pembelajaran berlangsung. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SDN 2 Jojo kecamatan Mejobo, kabupaten Kudus. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 14 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah model pembelajaran Make A Match, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Make A Match berbantuan media gambar dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar PKn. Hal ini dapat dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor rata-rata 74,075% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 84,715% (Sangat Baik). (2) Aktivitas belajar siswa ranah afektif, terjadi peningkatan dari siklus I rata-rata mencapai 72,59% (Baik) meningkat pada siklus II menjadi 77,77% (Baik), sedangkan aktivitas siswa pada ranah psikomotorik pada siklus I rata-rata 68,45% (Baik) meningkat pada siklus II menjadi 83,19% (Baik). (3) Hasil belajar PKn, Ketuntasan klasikal siswa pra siklus sebesar 64,29% dengan rata-rata 77,857, meningkat pada siklus I menjadi 71,43% dengan rata-rata 72,142, dan pada siklus II meningkat menjadi 78,57% dengan rata-rata 79,64. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model Make A Match berbantuan media gambar dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotorik serta hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 2 Jojo Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Saran dalam penelitian ini, siswa hendaknya selalu aktif dalam pembelajaran serta memperhatikan materi yang disampaikan guru. Bagi guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang variatif, salah satunya dengan menerapkan model Make A Match. Bagi sekolah hendaknya memberikan kesempatan kepada guru-guru untuk aktif berpartisipasi mengikuti kegiatan-kegiatan yang dapat menambah wawasan maupun pengetahuan guru mengenai model pembelajaran yang efektif digunakan di kelas.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Masturi, MM
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil Belajar PKn, Model Make A Match, Media Gambar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 11 Jun 2018 03:44
Last Modified: 11 Jun 2018 03:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9047

Actions (login required)

View Item View Item