SUBIYANTO, ENDAH HANDAYANI (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL ROLE PLAYING BERBASIS KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA KELAS V DI SD 4 LORAM KULON. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version Download (422kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (396kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (101kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (104kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru, peningkatan karakter tanggung jawab, menemukan peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD 4 Loram Kulon pada mata pelajaran PKn materi peraturan perundang-undangan melalui pembelajaran Role Playing berbasis karakter tanggung jawab. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik yang dapat diketahui melalui tes. Role Playing adalah suatu model pembelajaran untuk individu maupun sosial yang dilakukan secara kelompok dengan cara memerankan suatu masalah yang akan dipecahkan. Karakter tanggung jawab adalah orang yang melaksanakan segala sesuatu atau pekerjaan dengan bersungguh-sungguh dengan sukarela, berani menanggung segala resiko dan segala sesuatunya baik perkataan, perbuatan, dan sikap. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD 4 Loram Kulon dengan subjek penelitian guru dan 18 siswa. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model Role Playing berbasis karakter tanggung jawab. Sedangkan variabel terikatnya yakni hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengamatan keterampilan mengajar guru meningkat terdapat pada siklus I rata-rata sebesar 66,96% (baik) sedangkan pada siklus II naik sebesar 86,60% (sangat baik).Peningkatan pengamatan karakter siswa pada siklus I sebesar 55,38% (cukup) meningkat menjadi 78,13% (baik) pada siklus II.Hasil belajar kognitif pada siklus I sebesar 55,55% (cukup) dan pada siklus II sebesar 77,78% (baik). Hasil belajar afektif pada siklus I sebesar 63,75% (cukup), di siklus II meningkat menjadi 80,45%(baik). Hasil belajar psikomotorik pada siklus I yaitu 62,03% (cukup) meningkat sebesar 76,74% pada siklus II. Simpulan pada penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan model role playing berbasis karakter tanggung jawab dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD 4 Loram Kulon pada mata pelajaran PKn materi peraturan perundang-undangan. Penelitian ini diharapkan agar peneliti lain dapat mengembangkan pembelajaran menggunakan model role playing menjadi lebih efektif dengan memperhatikan sintak pembelajaran dan memperhatikan karakteristik mata pelajaran dan materi yang akan diajarkan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Deka Setiawan,S.Pd.,M.Pd |
Kata Kunci: | Kata Kunci : Model Role Playing, Hasil Belajar Pkn, Karakter Tanggung Jawab |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 11 Jun 2018 04:11 |
Last Modified: | 11 Jun 2018 04:11 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9049 |
Actions (login required)
View Item |