PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATERI LUAS SEGI BANYAK MENGGUNAKAN MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATIONBERBANTUAN ALAT PERAGA GEOBOARD PADA SISWA KELAS VI SD 2 BAE KUDUS

RAHAYU, SRI (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATERI LUAS SEGI BANYAK MENGGUNAKAN MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATIONBERBANTUAN ALAT PERAGA GEOBOARD PADA SISWA KELAS VI SD 2 BAE KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal. judul) - Accepted Version
Download (750kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (166kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (352kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (299kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (172kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (114kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (121kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam menerapkan model RMEberbantuan alat peraga geoboard, (2) meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan model RMEberbantuan alat peraga geoboard,dan (3) meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswakelas VI SD 2 Bae Kudus dengan menerapkan model RME berbantuan alat peraga geoboard pada materi menghitung luas segi banyak. Hipotesis tindakan dalam penelitian yaitu: 1) keterampilan mengajar guru meningka tdalam kegiatan belajar mengajar dengan model RMEberbantuanalat peraga geoboard, 2) aktivitas belajar siswa meningkat dengan model RME berbantuan alat peraga geoboard, 3) kemampuan berpikir kreatif matematika siswa meningkat dengan model RME berbantuan alat peraga geoboard pada materi menghitung lua ssegi banyak. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas VI SD 2 Bae Kudus dengan subjek penelitianya itu peneliti sebagai guru dan 21 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model RME. Variabel terikatnya yaitu kemampuan berpikir kreatif siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data untuk penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terjadi peningkatan keterampilan mengajar guru dengan model RME pada siklus I sebesar 82,5% dan siklus II89,5%; 2) terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan perolehan 70% menjadi 74% pada siklus II; 3) terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada siklus I 42,70% dan siklus II 80,80%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas VI SD 2 Bae Kudus dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dapat ditingkatkan melalui model RME berbantuan alat peraga geoboard pada materi menghitung luas segi banyak. Disarankan untuk menggunakan model RME agar siswa dapat berpikir kreatif dan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dapat meningkat.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Mohammad Kanzunudin
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Realistic Mathematic Education, Kemampuan Berpikir Kreatif, Luas Segi Banyak, Geoboard.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 11 Jun 2018 03:56
Last Modified: 11 Jun 2018 03:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9052

Actions (login required)

View Item View Item