PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 5 PECANGAAN WETAN

SETYANINGRUM, YULIA PUTRI (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 5 PECANGAAN WETAN. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of hal. judul]
Preview
PDF (hal. judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (497kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPS materi peninggalan sejarah Hindu-Budha dan Islam di Indonesia kelas V SDN 5 Pecangaan Wetan. Kemampuan Berpikir Kritis adalah suatu cara seseorang berpikir tentang beberapa hal yang berhubungan dengan konsep atau masalah yang dipaparkan. Model Inkuiri merupakan strategi pembelajaran yang melibatkan seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki suatu permasalahan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Inkuiri dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru materi peninggalan sejarah Hindu-Budha dan Islam di Indonesia kelas V SDN 5 Pecangaan Wetan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 5 Pecangaan Wetan dengan subjek penelitian 34 siswa. Penelitian ini berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Inkuiri dengan media gambar. Sedangkan variabel terikat adalah kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru dari siklus I sebesar 64% (cukup) meningkat pada siklus II sebesar 88% (sangat baik) didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I sebesar 64% (cukup) meningkat pada siklus II sebesar 72% (baik) serta peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang cukup signifikan yaitu dari siklus I ketuntasan klasikal sebesar 62% (kurang kritis) dan meningkat pada siklus II sebesar 94% (kritis). Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model Inkuiri dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi peninggalan sejarah Hindu-Budha dan Islam di Indonesia kelas V SDN 5 Pecangaan Wetan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN 5 Pecangaan Wetan dapat disimpulkan bahwa penerapan model Inkuiri dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi peninggalan sejarah Hindu-Budha dan Islam kelas V SDN 5 Pecangaan Wetan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Kata Kunci: Kata Kunci: Inkuiri, Kemampuan Berpikir Kritis, IPS.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 11 Jun 2018 04:18
Last Modified: 11 Jun 2018 04:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9058

Actions (login required)

View Item View Item