PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING SISWA KELAS IV SDN 2 DEMAAN KUDUS

WIDIASTUTI, ANGGITA (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING SISWA KELAS IV SDN 2 DEMAAN KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal. judul) - Accepted Version
Download (630kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (223kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (286kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (502kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (204kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (219kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (121kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampirkan) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Mind mapping yang dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dan meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas IV SD 2 Demaan Kudus materi Globalisasi.Model pembelajaran Mind Mapping merupakan model pembelajaran dimana peserta didik dilatih untuk dapat menyajikan kembali topik-topik dari materi pembelajaran yang sudah diajarkan oleh guru dengan mencatat hal-hal penting dari pembelajaran tersebut hal tersebut bertujuan untuk mereview atau meringkas kembali materi pembelajaran yang telah diajarkan.Model pembelajaran mind mapping saat ini saat ini menjadi salah satu strategi penting dalam ruang kelas. Tujuan dari strategi ini antara lain:(1) pendalaman materi; (2) penggalian materi; (3) edutainmen. Model pembelajaran ini akan digunakan dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan dipadukan dengan sebuah media pembelajaran yang menarik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah siswa tersebut belajar, kemampuan belajar siswa ini meliputi aspek kognitif (pengetahuan), afektif (sikap) dan psikomotorik (keterampilan).Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 2 Demaan Kudus dengan subyek penelitian 45 siswa. Hasil penelitian terdapat peningkatan pada keterampilan guru, dan hasil belajar siswa. Keterampilan guru pada siklus I diperoleh rata-rata 62,5% (baik)dan meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata 78% (Baik). Adapun hasil belajar ranah afektif secara klasikal pada siklus I memperoleh 62,11% (Baik), sedangkan siklus II meningkat menjadi 79,55% (Baik). Adapun hasil belajar psikomotorik siswa secara klasikal pada siklus I memperoleh 55,32% (Cukup Baik), sedangkan siklus II meningkat menjadi 78,65% (Baik). Sedangkan pada aspek kognitif dilihat pada siklus I ke siklus II yaitu memperoleh persentase keberhasilan 66,6% dengan rata-rata 74,55 (Baik). Sedangkan siklus II meningkat menjadi 80,11% dengan rata-rata 82,2 (Baik) Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas disimpulkan bahwa penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 2 Demaan Kudus. Adapun saran yang diberikan yakni guru dapat menggunakan model pembelajaran Mind Mapping sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang tepat dalam mata pelajaran PKn khususnya materi Globalisasi.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Santoso, S.Pd.M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Mind Mapping, Hasil Belajar PKn, Globalisasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 11 Jun 2018 04:30
Last Modified: 11 Jun 2018 04:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9062

Actions (login required)

View Item View Item