PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM BERBANTUAN MODUL KELAS IV SD 1 NGETUK

NARULITA, ALVIO (2018) PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM BERBANTUAN MODUL KELAS IV SD 1 NGETUK. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of hal. judul]
Preview
PDF (hal. judul)
HALAMAN JUDUL .pdf - Accepted Version

Download (396kB) | Preview
[thumbnail of bab 1] PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (883kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan Penerapan Model STAD dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA Materi Sumber Daya Alam Berbantuan Modul Kelas IV SD 1 Ngetuk, (2) mendeskripsikan aktivitas siswa kelas IV SD 1 Ngetuk materi sumber daya alam melalui model STAD berbantuan modul, (3) mendeskripsikan keterampilan guru di SD 1 Ngetuk dalam mengajar melalui model STAD berbantuan modul materi sumber daya alam kelas IV. Model Pembelajaran STAD merupakan salah satu tipe kooperatif yang menekankan pada adanya aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. Modul adalah bahan ajar yang disusun secara sistematis digunakan dalam pembelajaran untuk mempermudah peserta didik memahami materi yang ingin dicapai serta penggunaan bahasa yang mudah dipahami siswa sesuai dengan tingkat pengetahuan. Pemahaman konsep adalah adalah kemampuan siswa dalam menguasai konsep materi, dimana siswa tidak sekedar mengetahui konsep dari materi tersebut tetapi juga mampu mengemukakan kembali dalam bentuk lain dan mengaplikasikan konsep tersebut dalam memecahkan masalah. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di SDN 1 Ngetuk pada siswa kelas IV dengan subjek penelitian 16 siswa. Penelitian berlangsung selama 2 siklus dengan 2 pertemuan di setiap siklusnya. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran STAD berbantuan modul sumber daya alam sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi sumber daya alam yang cukup signifikan prasiklus (47%) siklus I (63%), siklus II (82%). Aktivitas siswa ranah afektif mengalami peningkatan pada siklus I 67% menjadi 77% di siklus II. Aktivitas siswa ranah psikomotorik mengalami peningkatan pada siklus I 67% menjadi 77% di siklus II. Hasil ini juga didukung adanya peningkatan keterampilan guru pada siklus I 71% siklus II 80%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 1 Ngetuk dapat disimpulkan bahwa penerapan model STAD berbantuan modul sumber daya alam dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa, aktivitas siswa dan keterampilan guru pada sumber daya alam. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti yang akan datang agar dapat mengelola waktu lebih optimal dan menguasai kelas dengan baik, sehingga tidak ada siswa yang ramai sendiri. Siswa hendaknya berani pada saat presentasi serta tidak malu-malu dalam bertanya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Yuni Ratnasari, S.Si., M.Pd
Kata Kunci: Kata kunci: Pemahaman Konsep, STAD, Modul Sumber Daya Alam
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Date Deposited: 11 Jun 2018 04:41
Last Modified: 11 Jun 2018 04:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9065

Actions (login required)

View Item View Item