BODY IMAGE PADA TRANSGENDER

MUHAMMAD, FATIH (2018) BODY IMAGE PADA TRANSGENDER. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (486kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (206kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (158kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (73kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (298kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (48kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (198kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (531kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor dan aspek yang mempengaruhi body image pada trangender. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis yaitu faktor-faktor dan aspek yang mempengaruhi body image pada transgender. Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara, analisis data menggunakan koding.Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi body image pada transgender terhadap ketiga informan yaitu faktor jenis kelamin, media massa, dan hubungan interpersonal. Adapun aspek-aspek body image terhadap ketiga informan meliputi physical attractiveness (dayatarikfisik), body image satisfaction (kepuasan citra diri), body image importance (pentingnya citra diri), body concealment (menutupi bagian tubuh), body improvement (memperbaiki bentuk tubuh), social physique anxiety (kecemasan social fisik), dan appearance comparison (membandingkan penampilan diri). Hasil perbedaan yang menonjol yaitu; (1) Faktor media massa informan Y memanfaatkan media massa sebagai penunjang bisnis bukan sebagai rujukan untuk meningkatkan body image seperti pada informan J dan R. (2) Aspekphysical attractivennes (daya tarik fisik) informan Y bernampilan apa adanya dengan berhijab sedangkan informan J dan R melakukan perawatan rutin. (3) Aspek body image satisfaction (kepuasan citra diri) informan Y menerima apa adanya dengan bentuk tubuhnya, berbeda dengan informan J dan R yang melakukan suntik silicon pada bagian payudara. (4) Aspek body image concealmeant (menutupi bagian tubuh) informan Y melakukannya dengan berhijab, berbeda dengan informan J dan R dengan suntik silicon pada bagian dadanya, serta berpakaian seksi untuk menunjukkan citra tubuhnya. (5) Aspek social physique anxiety (kecemasan social )informan Y merasakan kecemasan pada bagian tubuhnya, berbeda dengan informan J dan R yang tidak memiliki kecemasan pada bagian tubuhnya. (6) Aspek appearance comparison (membandingkan penampilan diri) informan Y merasa malu dan rendah diri jika dibandingkan dengan penampilan orang lain, berbeda dengan informan J dan R yang sudah memiliki citra tubuh yang menarik sehingga tidak mengalami malu dan minder.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: M. Widjanarko, S.Psi.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Body image, transgender
Subjects: FIlsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 25 Jun 2018 07:16
Last Modified: 25 Jun 2018 07:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9087

Actions (login required)

View Item View Item