PENINGKATAN SIKAP TOLERANSI PERGAULAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PERMAINAN SIMULASI PADA SISWA KELAS XI E3 SMK N 2 PATI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

RAMADANI, FREDY ADITYA (2018) PENINGKATAN SIKAP TOLERANSI PERGAULAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PERMAINAN SIMULASI PADA SISWA KELAS XI E3 SMK N 2 PATI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (3MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (832kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (898kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (883kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (825kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (810kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (807kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mendiskripsikan pelaksanaan layananan bimbingan kelompok teknik permainan simulasi dalam meningkatan sikap toleransi pergaulan siswa kelas XI E3 SMK N 2 Pati tahun pelajaran 2017/2018, 2. Diperolehnya peningkatan sikap toleransi pergaulan melalui layanan bimbingan kelompok teknik permainan simulasi pada siswa kelasXI E3 SMK N 2 Pati tahun pelajaran 2017/2018. Sikap toleransi pergaulan adalah perilaku setiap individu untuk bisa menciptakan kedamaian dan kerukunan dalam pergaulan dengan cara menerapkan nilai-nilai toleransi, sehingga di lingkungan sosial individu bisa saling menghormati perbedaan pendapat, menghargai teman saat sedang beribadah, dapat menerima kritik secara positif, dapat memahami perbedaan dengan cara tidak duduk berkelompok, dapat berbicara dengan lembut atau tidak kasar, dan dapat bersikap rendah hati atau tidak sombong. Untuk meningkatkan sikap toeransi pergaulan siswa, peneliti berupaya untuk meningkatkan sikap toleransi pergaulan melalui layanan bimbingan kelompok teknik permainan simulasi. Jenis penilaian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan Bimbingan dan Konseling dengan menggunakan dua siklus, setiap siklus tiga kali pertemuan dan setiap pertemuan 45 menit. Subyek penelitian yakni 8 siswa kelas XI E3 SMK N 2 Pati tahun pelajaran 2017/2018 yang memiliki sikap tolerasni pergaulan yang rendah. Hasil penelitian pra siklus sikap toleransi pergaulan siswa diperoleh skor rata-rata 8 dengan presentase 21% masuk dalam kategori sangat kurang. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok siklus I diperoleh hasil skor 13,7 dengan presentase 47% kategori kurang, dan mengalami peningkatan 26%. Pada siklus II memperoleh hasil skor 22 dengan presentase 75% termasuk kategori baik dan mengalami peningkatan 28%. Simpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi dapat efektif untuk meningkatkan sikap toleransi pergaulan pada siswa kelas XI E3 SMK N 2 Pati tahun pelajaran 2017/2018. Disarankan untuk: 1. Kepada siswa, siswa dapat memanfaatkan sarana dan prasarana konselor untuk meningkatkan sikap toleransi pergaulan, 2. Kepada Konselor, diaharapkan mampu menjalin hubungan baik dengan siswa agar dapat menyampaikan permasalahan yang dialami, 3. Kepada Kepala Sekolah, diharapkan dapat memberikan kebijakan yang mendukung pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Nur Mahardika, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Sikap Toleransi Pergaulan, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Permainan Simulasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 26 Jun 2018 03:50
Last Modified: 26 Jun 2018 03:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9097

Actions (login required)

View Item View Item