APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW 1 PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD 1 PEKALONGAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ZA, MUHAMMAD NURUL FATAH (2018) APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW 1 PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD 1 PEKALONGAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (577kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (318kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (417kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (460kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (370kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (177kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (174kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran IPS yang mencakup dua aspek yakni keterampilan guru dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Jigsaw 1. Penerapannya yakni pada materi kegiatan eknomi pada siswa kelas IV SD 1 Pekalongan Jepara. Pembelajaran merupakan serangkaian proses yang disusun guna melancarkan proses belajar. Hasil belajar adalah perubahan perilaku seseorang karena belajar, perubahan atau peningkatan sikap, kebiasaan, pengetahuan, keterampilan dan sebagaimana yang menuju pada perubahan positif, baik kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Jigsaw 1 merupakan suatu model pembelajaran kegiatan belajar siswa yang di bentuk dalam kelompok kecil secara heterogen yang terbagi dalam kelompok asal yang kemudian bertemu dengan kelompok ahli. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Pekalongan Jepara dengan subjek penelitian 25 orang siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Jigsaw 1. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran Jigsaw 1 pada pembelajaran IPS kelas IV menunjukkan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan hasil belajar setiap siklusnya. Pengelolaan pembelajaran guru siklus I memperoleh skor rata-rata 70,82% dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II menjadi 83,3% dengan kriteria baik. Ketuntasan hasil belajar ranah kognitif klasikal siswa pra siklus sebesar 48,00% dengan rata-rata 68, meningkat pada siklus I menjadi 68,00% dengan rata-rata 71,6, dan pada siklus II meningkat menjadi 84,00% dengan rata-rata 73. Hasil belajar ranah afektif klasikal siswa pada siklus I sebesar 60,7%, meningkat pada siklus II sebesar 72,2%. Sementara hasil belajar ranah psikomotorik klasikal siswa pada siklus I sebesar 62,1%, meningkat pada siklus II sebesar 73,6%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajran Jigsaw 1 dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran serta menemukan peningkatan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi siswa kelas IV SD 1 Pekalongan Batealit Jepara. Adapun saran yang diberikan yaitu hendaknya siswa bisa lebih bersemangat dan tertib dalam mengikuti pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Jigsaw 1. serta sebaiknya guru dapat menggunakan model pembelajaran Jigsaw 1 dapat dijadikan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Jigsaw 1, hasil belajar, Kegiatan ekonomi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 26 Jun 2018 03:58
Last Modified: 26 Jun 2018 03:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9098

Actions (login required)

View Item View Item