EFEKTIVITAS PENERAPAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA TANGRAM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

WILIANTO, IRFAN (2018) EFEKTIVITAS PENERAPAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA TANGRAM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (2MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian adalah (1) mendeskripsikan perbedaan rata-rata nilai siswa yang diberi discovery learning berbantu media tangram dengan siswa yang diberi pembelajaran ekspositori, (2) menemukan dan menyimpulkan ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal, dan (3) mendeskripsikan selisih proporsi pemahaman konsep matematis siswa yang diberi discovery learning berbantu media tangram dengan siswa yang diberi pembelajaran ekspositori. Discovery learning adalah model pembelajaran kognitif yang diatur agar siswa aktif membangun pengetahuannya dengan cara menemukan. Tangram merupakan permainan edukatif yang tersusun dari tujuh bangun geometri datar yang dipotong dari suatu persegi. Dikarenakan siswa menemukan pengetahuannya sendiri dengan tangram, maka discovery learning berbantu media tangram dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis pada materi bangun datar. Penelitian true eksperimen ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain posttest only control. Populasi penelitian ini adalah kelas IV SD Muhammadiyah Birrul Walidain tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 44 siswa. Sampel penelitian terdiri dari kelas kontrol 15 siswa dan kelas eksperimen 18 siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data awal meliputi uji normalitas data, uji homogenitas data, dan uji kesamaan rata-rata, sedangkan analisis data akhir meliputi uji nomalitas data, uji homogenitas data, dan uji hipotesis penelitian. Rata-rata hasil tes pemahaman konsep matematis adalah 29,4 untuk kelas kontrol dan 45,4 untuk kelas eksperimen. Uji prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan tidak homogen. Uji hipotesis penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan rata-rata tes pemahaman konsep matematis antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol; (2) pembelajaran discovery learning berbantu media tangram tidak dapat memenuhi KKM secara individual maupun klasikal; dan (3) proporsi pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen lebih besar daripada siswa kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa discovery learning berbantu media tangram tidak efektif terhadap pemahaman konsep matematis siswa, namun pemahaman konsep matematis siswa yang mendapat discovery learning berbantu media tangram lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran ekspositori. Sehingga bagi guru mata pelajaran matematika kelas IV SD Muhammadiyah Birrul Walidain dapat menerapkan discovery learning berbantu media tangram untuk memberikan pemahaman konsep matematika yang lebih baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Henry Suryo Bintoro, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Discovery learning, Tangram, Pemahaman Konsep Matematis, Keliling dan Luas Jajargenjang dan Segitiga
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 26 Jun 2018 04:21
Last Modified: 26 Jun 2018 04:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9099

Actions (login required)

View Item View Item