PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS V SD 1 WONOREJO KARANGANYAR DEMAK

LESTARI, SRI (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS V SD 1 WONOREJO KARANGANYAR DEMAK. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (510kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (241kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (402kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (443kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (244kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (131kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (249kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran concept sentence berbantuan media puzzle dan menemukan peningkatan keterampilan guru, siswa, dan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD 1 Wonorejo. Salah satu keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu menulis karangan narasi. Karangan narasi adalah cerita yang berdasarkan pada urutan-urutan suatu atau serangkaian kejadian atau peristiwa. Namun, pada kenyataannya siswa masih mengalami kesulitan dan hambatan dalam menguasai keterampilan menulis terutama menulis karangan narasi. Siswa kesulitan dalam menuangkan ide, gagasan atau pikiran ke dalam bentuk tulisan. Melalui model dan media pembelajaran yang dipadukan dengan baik, dapat memudahkan siswa untuk mengekspresikan gagasannya dalam tulisan dan menarik perhatian siswa untuk mengikuti proses pembelajaran serta untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Model concept sentence adalah model pembelajaran yang dilakukan dengan memberikan beberapa kata kunci, kemudian kata kunci tersebut disusun menjadi beberapa kalimat dan dikembangkan menjadi paragraf-paragraf. Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk mempermudah guru dalam menyampaikan materi dan mempermudah siswa dalam menerima sebuah materi yang didengarnya. Dalam penelitian ini menggunakan media puzzle. Puzzle merupakan sebuah kertas tebal berbentuk persegi panjang yang berisi gambar. Puzzle digunakan untuk memudahkan pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence berbantuan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi, dan meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V. Penelitian tindakan kelas akan dilaksanakan di kelas V SD 1 Wonorejo dengan subjek penelitian 33 siswa. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing tiap siklus adalah dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 33 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model concept sentence dan media puzzle sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa materi menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD 1 Wonorejo. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi. Validitas isi utamanya ditentukan atau dasar pertimbangan dari pakar (expert judgement). Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai keterampilan menulis narasi siswa yang cukup signifikan antara siklus I (66,7%), dan siklus II (81,8%), didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I (72,1%), menjadi (83,9%) pada siklus II. Pengelolaan pembelajaran keterampilan menulis narasi melalui model concept sentence berbantuan media puzzle juga mengalami peningkatan pada siklus I (75,5%), menjadi (88%) pada siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model concept sentence berbantuan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa pada materi menulis karangan narasi kelas V SD 1 Wonorejo. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 1 Wonorejo dapat disimpulkan bahwa penggunaan model concept sentence berbantuan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa pada materi menulis karangan narasi kelas V SD 1 Wonorejo. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model concept sentence berbantuan media puzzle guru harus melatih siswa untuk menuangkan ide, gagasan dan pikiran ke dalam sebuah tulisan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Masturi, M.M.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Karangan Narasi, Concept Sentence, Puzzle
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 26 Jun 2018 06:10
Last Modified: 26 Jun 2018 06:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9102

Actions (login required)

View Item View Item