PENERAPAN PENDEKATAN PMRI BERBANTU PERMAINAN DOMAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MATERI PECAHAN (PTK PADA SISWA KELAS IV SD 2 KARANGROWO KUDUS)

ROHMANIAH, FITRI ALFIATU (2018) PENERAPAN PENDEKATAN PMRI BERBANTU PERMAINAN DOMAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MATERI PECAHAN (PTK PADA SISWA KELAS IV SD 2 KARANGROWO KUDUS). Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (cover) - Accepted Version
Download (531kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (408kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (733kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (511kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (394kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (271kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (245kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keterampilan guru,mendeskripsikan aktivitas siswa dan menemukan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam penerapan pendekatan PMRI berbantu permainan Domat pada matematika materi pecahan kelas IV SD 2 Karangrowo Kudus. Pemecahan masalah adalah strategi atau upaya individu untuk mengatasi siatu kendala, dalam hal ini yang diteliti yakni kendala dalam matematika. Kendala tersebut diselesaikan dengan pendekatan PMRI. PMRI adalah pendekatan yang menyangkut pautkan pembelajaran dengan kehidupan sehari hari. Pendekatan ini juga berbantu sebuah media yakni media permainan domat. Permainan domat sendiri adalah permainan domino yang telah dimodifikasi sehingga berisi soal-soal matematika. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 2 Karangrowo Kudus dengan subjek penelitian 33 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,observasi, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah Pendekatan PMRI berbantu permainan Domat. Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini yakni kemampuan pemecahan masalah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan pada keterampilan guru, dan hasil belajar siswa. Keterampilan guru pada siklus I diperoleh rata-rata 75% (baik) dan meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata 83% (sangat baik). Adapun hasil aktifitas belajar siswa meningkat secara klasikal pada siklus I memperoleh 74% (baik), sedangkan siklus II meningkat menjadi 79% (sangat baik). Sedangkan pada kemampuan pemecahan masalah dilihat pada siklus I ke siklus II yaitu memperoleh persentase keberhasilan 55% dengan rata-rata 65 (cukup). Sedangkan siklus II meningkat menjadi 94% dengan rata-rata 76 (baik) Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas disimpulkan bahwa penerapan pendekatan PMRI berbantu permainan domat dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV SD 2 Karangrowo Kudus. Adapun saran yang diberikan yakni guru dapat menggunakan pendekatan PMRI berbantu domat sebagai alternatif dalam pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pendekatan PMRI, Permainan Domat, Kemampuan pemecahan masalah
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 26 Jun 2018 07:22
Last Modified: 26 Jun 2018 07:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9104

Actions (login required)

View Item View Item