PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATIONBERBANTUAN MEDIA GAMBAR SEDERHANA PADA SUBTEMA 3 SIKAP KEPAHLAWANAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN WIDOROKANDANG PATI

SHIVA, NI’MATUL FAJRI (2018) PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATIONBERBANTUAN MEDIA GAMBAR SEDERHANA PADA SUBTEMA 3 SIKAP KEPAHLAWANAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN WIDOROKANDANG PATI. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (596kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (144kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (270kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (448kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (255kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (120kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (194kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan, peningkatan keterampilan guru pada pembelajaran subtema 3 sikap kepahlawanan setelah diterapkannya model Group Investigation berbantuan media gambar sederhana siswa kelas IV SDN Widorokandang Pati. Hasil belajar adalah kemampuan keterampilan dan sikap yang dimiliki siswa setelah menerima perlakuan dari guru sehingga dapat mengkonstruksikan pengetahuan itu dalam kehidupan sehari-hari. Group Investigation adalah yang mengajak siswa untuk belajar berkelompok dengan dibagi beberapa kelompok secara heterogen. Siswa memilih topik-topik tertentu dengan permasalahan-permasalahan yang akan dikembangkan dari topik-topik itu. Masing-masing siswa mendapat gambar yang telah dipersiapkan oleh guru. Bagi setiap kelompok mengidentifikasi gambar. Masing-masing kelompok memperesentasikan hasil kelompok dan dipersentasikan didepan kelas. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model Group Investigation berbantuan media gambar sederhana pada subtema 3 sikap kepahlawanandapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Widorokandang Pati. Penelitian tindakan kelas akan dilasanakan di kelas IV SDN Widorokandang dengan subjek penelitian guru kelas IV dan siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, obsevasi, dan refleksi. Variabel bebas yaitu model pembelajaran Group Investigation berantuan media gambar sederhana dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar IPS dan Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Widorokandang Pati pada subtema sikap kepahlawanan yang cukup signifikan. Hasil belajar ranah pengetahuan siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 76,75% pada mata pelajaran IPS dan 75,9% pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, siklus II sebesar 85,5% pada mata pelajaran IPS dan 81,55% pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil belajar ranah sikap siklus I sebesar 81,95% dengan kualifikasi sedang dan siklus II sebesar 82,55% dengan kualifikasi sedang. Hasil belajar ranah keterampilan siklus I memperoleh ketuntaan klasikal 76,4%dengan kualifikasi cukup dan siklus II sebesar 88,77% dengan kualifikasi cukup. Keterampilan guru mengelola pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 77,2% dengan kualifikasi baik menjadi 78,57% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar subtema sikap kepahlawanan pada kelas IV SDN Widorokandang Pati. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN Widorokandang Pati dapat disimpulkan bahwa penerapan model Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar subtema sikap kepahlawanan pada siswa kelas IV SDN Widorokandang Pati. Untuk itu siswa diharapkan lebih terbuka/ bertanya terhadap guru kelas apabila mengalami kesulitan ketika mempelajari materi, sehingga siswa menjadi lebih faham dan nilainya baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Ika Oktavianti,S.Pd.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Group Investigation, Gambar Sederhana, Hasil Belajar Siswa, Subtema 3 Sikap Kepahlawanan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 31 Jul 2018 03:20
Last Modified: 31 Jul 2018 03:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9162

Actions (login required)

View Item View Item