WIDYA NINGRUM, KHORIATUN (2018) MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING SISWA KELAS IV SD 3 BACIN DENGAN TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
HAL. JUDUL.pdf - Accepted Version Download (510kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (255kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (367kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (403kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (172kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (171kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa, mendeskripsiskan aktivitas belajar siswa, mendeskripsikan keterampilan mengajar guru melalui penerapan model Student Facilitator And Explaining pada tema Daerah Tempat Tinggalku siswa kelas IV SD 3 Bacin. Model pembelajaran Student Facilitator and Explaining merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan materi. Dengan menggunakan model pembelajaran ini dapat dapat meningkatkan antusias, motivasi, keaktifan, dan rasa senang siswa. Pemahaman konsep merupakan kemampuan dari seseorang untuk menangkap suatu makna setelah sesuatu itu diketahui dan diingat. Seseorang siswa dapat dikatakan memahami sesuatu apabila ia dapat memberikan penejalsn atau memberikan uaraian yang lebih rinci tentang hal yang ia pelajari dengan menggunakan bahasanya sendiri. Materi pada tema daerah tempat tinggalku muatan IPS dan Bahasa Indonesia yang dikaji dalam penelitian ini adalah jenis pekerjaan dan teks fiksi. Subjek dari penelitian adalah 33 siswa di kelas IV SD 3 Bacin. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus setiap siklus yang menggunakan desain PTK dari Kemmis dan Mc. Taggart. Setiap siklus dilaksanakan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan nontes, non tes terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis kuantitatif dan kualitatif. Validitas digunakan peneliti untuk menguji kelayakan dari soal tes yang digunakan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada siklus I dan silkus II. Pemahaman konsep pada siklus I Muatan IPS ketuntasan klasikal sebesar 72% (Baik) dan muatan Bahasa Indonesia ketuntasan klasikal sebesar 51% (kurang), mengalami peningkatan di siklus II muatan IPS ketuntasan klasikal sebesar 90% (sangat baik) dan muatan Bahasa Indonesia dengan 78% (Baik). Peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 72,95% (baik) dan pada siklus II sebesar 87,02%. Pengelolaan pembelajaran model Student Facilitator And Explaining mengalami peningakatn pada siklus I sebesar 77% (baik) dan pada siklus II sebesar 88% (sangat baik). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan pemahaman konsep tema daerah tempat tinggalku siswa kelas IV SD 3 Bacin. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 3 Bacin dapat disimpulkan bahwa penggunaan model student facilitator and explaining dapat meningkatkan pemahaman konsep tema daerah tempat tinggalku pada siswa kelas IV SD 3 Bacin. Penulis menyarankan bahwa dalam penggunaan model student facilitator and explaining guru memberikan kesempatan kepada siswa mengembangkan cara berpikir siswa dalam memcahkan masalah supaya siswa dapat mengembangkan daya pikir dan kreatifitas siswa. Kata Kunci: Student Facilitator and Explaining, Pemahaman Konsep, Tema Daerah Tempat Tinggalku Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa, mendeskripsiskan aktivitas belajar siswa, mendeskripsikan keterampilan mengajar guru melalui penerapan model Student Facilitator And Explaining pada tema Daerah Tempat Tinggalku siswa kelas IV SD 3 Bacin. Model pembelajaran Student Facilitator and Explaining merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan materi. Dengan menggunakan model pembelajaran ini dapat dapat meningkatkan antusias, motivasi, keaktifan, dan rasa senang siswa. Pemahaman konsep merupakan kemampuan dari seseorang untuk menangkap suatu makna setelah sesuatu itu diketahui dan diingat. Seseorang siswa dapat dikatakan memahami sesuatu apabila ia dapat memberikan penejalsn atau memberikan uaraian yang lebih rinci tentang hal yang ia pelajari dengan menggunakan bahasanya sendiri. Materi pada tema daerah tempat tinggalku muatan IPS dan Bahasa Indonesia yang dikaji dalam penelitian ini adalah jenis pekerjaan dan teks fiksi. Subjek dari penelitian adalah 33 siswa di kelas IV SD 3 Bacin. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus setiap siklus yang menggunakan desain PTK dari Kemmis dan Mc. Taggart. Setiap siklus dilaksanakan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan nontes, non tes terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis kuantitatif dan kualitatif. Validitas digunakan peneliti untuk menguji kelayakan dari soal tes yang digunakan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada siklus I dan silkus II. Pemahaman konsep pada siklus I Muatan IPS ketuntasan klasikal sebesar 72% (Baik) dan muatan Bahasa Indonesia ketuntasan klasikal sebesar 51% (kurang), mengalami peningkatan di siklus II muatan IPS ketuntasan klasikal sebesar 90% (sangat baik) dan muatan Bahasa Indonesia dengan 78% (Baik). Peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 72,95% (baik) dan pada siklus II sebesar 87,02%. Pengelolaan pembelajaran model Student Facilitator And Explaining mengalami peningakatn pada siklus I sebesar 77% (baik) dan pada siklus II sebesar 88% (sangat baik). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan pemahaman konsep tema daerah tempat tinggalku siswa kelas IV SD 3 Bacin. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 3 Bacin dapat disimpulkan bahwa penggunaan model student facilitator and explaining dapat meningkatkan pemahaman konsep tema daerah tempat tinggalku pada siswa kelas IV SD 3 Bacin. Penulis menyarankan bahwa dalam penggunaan model student facilitator and explaining guru memberikan kesempatan kepada siswa mengembangkan cara berpikir siswa dalam memcahkan masalah supaya siswa dapat mengembangkan daya pikir dan kreatifitas siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Sri Utaminingsih M.Pd |
Kata Kunci: | Student Facilitator and Explaining, Pemahaman Konsep, Tema Daerah Tempat Tinggalku |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 02 Jan 2019 04:17 |
Last Modified: | 02 Jan 2019 04:17 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9227 |
Actions (login required)
View Item |