LINDA SAPUTRI, PIPIT (2018) PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN PICTURE CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SDN LANGENHARJO 2. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version Download (378kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB 1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (337kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (541kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (557kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (363kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (308kB) | Preview |
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match berbantu Picture Card pada kelas V SD Langenharjo 02 dan mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan penerapan model Make A Match berbantu Picture Card pada kelas V SD Langenharjo 02. Model Make A Match merupakan model pembelajaran yang mengajak siswa aktif dan bertanggung jawab dengan menggunakan kartu pasangan. Siswa dalam model ini ditunutut untuk berpikir kritis, serta aktif dalam kegiatan pembelajaran. hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku siswa terhadap aspek kognitif, afektif dan psikomotor dalam mengikuti pembelajaran. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah hasil belajar IPS dan keterampilan guru dengan diterapkannya model Make A Match Berbantuan Picture Card pada kelas V SDN Langenharjo 2 dapat meningkat. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan PTK Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Adapun tahapan-tahapan PTK pada masing-masing siklus yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD Langenharjo 02 merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SDN Langenharjo 2dengan subjek penelitin guru kelas V dan siswa yang berjumlah 34 siswa.Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan guru dan hasil belajar IPS siswa kelas V. Keterampilan guru pada siklus I mendapatkan skor rata-rata 66% ( Cukup), meningkat pada siklus II menjadi 82,5% (Sangat Tinggi). Hasil kognitif siswa pada siklus I memperoleh skor 74% ( Tinggi) sedangkan pada siklus II ada 86% ( Sangat Tinggi). Hasil afektif siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 69,7% (Sedang) selanjutnya meningkat menjadi 83% (Tinggi). Hasil psikomotor siswa pada siklus I memperoleh 69,4% (Sedang) dan pada siklus II ada 83,5% (Tinggi). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Make A Match berbantuan Picture Card dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V. Saran untuk guru yaitu guru sebaiknya menggunakan model Make A Match berbantuan Picture Card sebagai referensi dalam memilih model pembelajaran supaya lebih menarik ketika proses pembelajaran. Siswa diharapkan sebaiknya lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Ika Oktavianti,S.Pd.,M.Pd. |
Kata Kunci: | Make A Match, Picture Card, Hasil Belajar IPS |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 02 Jan 2019 04:17 |
Last Modified: | 02 Jan 2019 04:17 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9228 |
Actions (login required)
View Item |