PENERAPAN MODEL OUTDOOR LEARNING BERBANTUAN MEDIA PAPAN GAMBAR UNTUK PENINGKATAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS IV SD 5 TERMULUS KUDUS

AFIFAH, NOR (2018) PENERAPAN MODEL OUTDOOR LEARNING BERBANTUAN MEDIA PAPAN GAMBAR UNTUK PENINGKATAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS IV SD 5 TERMULUS KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (585kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (193kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (970kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (662kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (243kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (100kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (184kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (14MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa muatan IPA dan muatan Bahasa Indonesia subtema hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku pada siswa kelas IV SD 5 Termulus dengan diterapkannya model outdoor learning berbantuan media papan gambar. Outdoor Learning adalah metode pembelajaran dengan mengajak siswa untuk mempelajari objek-objek pembelajaran yang ada dilingkungan sekolah. Sikap ilmiah adalah sikap yang harus dimiliki siswa. Sikap yang penting dimiliki oleh usia sekolah dasar meliputi kejujuran, keingintahuan, keterbukaan, dan ketidakpercayaan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah melalui model outdoor learning dapat meningkatkan sikap ilmiah IPA dan keterampilan guru dalam pembelajaran IPA. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 5 Termulus dengan subjek penelitian 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang dipakai adalah lembar wawancara, lembar observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model outdoor learning berbantuan media papan gambar dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa pada siklus I dan siklus II. Sikap ilmiah siswa aspek kognitif mengalami peningkatan pada siklus I mendapat 72,33% dengan kriteria tinggi menjadi 80% dengan kriteria sangat tinggi pada siklus II. Sikap ilmiah siswa aspek afektif mengalami peningkatan pada siklus I 69,58% kriteria baik menjadi 78,77% kriteria baik pada siklus II. Sikap ilmiah siswa aspek psikomotorik mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 74,44% kriteria baik menjadi 88,88% kriteria sangat baik pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model outdoor learning berbantuan media papan gambar dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa pada muatan IPA dan bahasa Indonesia subtema hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku di SD 5 Termulus. Berdasaran hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 5 Termulus dapat disimpulkan bahwa penerapan model outdoor learning berbantuan media papan gambar muatan IPA dan Bahasa Indonesia dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa subtema hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku di kelas IV SD 5 Termulus.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Moh. Kanzunuddin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Outdoor Learning, Media Papan Gambar, Sikap Ilmiah Siswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 03:11
Last Modified: 04 Jan 2019 03:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9241

Actions (login required)

View Item View Item