PENINGKATAN MINAT MEMBACA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SIMULASI PADA SISWA KELAS VIII SMPIT AL-HUDA CILAMAYA KARAWANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ROHMAN, FINA (2018) PENINGKATAN MINAT MEMBACA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SIMULASI PADA SISWA KELAS VIII SMPIT AL-HUDA CILAMAYA KARAWANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (489kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (228kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (444kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (715kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (232kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (103kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustakas) - Accepted Version
Download (101kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (262kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

xi termasuk dalam kategori cukup, pada siklus II ini meningkat sebanyak 27%. Kesimpulanyya adalah penggunaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi dapat meningkatkan membaca pada siswa kelas VIII SMPIT AL_HUDA tahun ajaran 2017/2018. Saran yang diberikan adalah kepada (1) kepala sekolah hendaknya bisa merekrut guru bimbingan konseling, mendukung penuh adanya kegiatan yang berkaitan dengan bimbingan konseling dan memberikan fasilitas di dalam perpustakaan secara lengkapa agar siswa nyaman. (2) Siswa, hendaknya setelah melakukan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi ini, siswa akan lebih sering melakukan kegiatan membaca secara kontinu. (3) Peneliti yang akan melakukan penelitian agar menggunakan masalah dan subjek yang berbeda agar lebih variatif dan inovatif. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendiskripsikan aktifitas peneliti dalam memberikan layanan Bimbingan Kelompok dengan teknik simulasi dalam meningkatkan minat membaca siswa kelas VIII SMPIT AL-HUDA tahun ajaran 2017/ 2018. 2. Mendiskripsikan peningkatan minat membaca siswa kelas VIII SMPIT AL-HUDA tahun ajaran 2017/2018. 3. Mendiskripsikan keefektifitasan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi dalam meningkatkan minat membaca. Minat membaca merupakan hal yang amat penting bagi kehidupan sehari-hari, terutama bagi seorang pelajar, seorang pelajar selalu dituntut untuk memahami apa yang guru sampaikan dan salah satu penunjangnya adalah dengan meningkatkan minat membaca. Layanan bimbingan kelompok merupaka salah satu layanan dalam bimbingan dan konseling, dalam layanan bimbingan kelompok para anggota kelompok diharuskan untuk tetap berperan aktif dalam memberikan pendapat yang berkaitan dengan apa yang dibahas dalam kegiatan layanan bimbingan kelompok. Teknik simulasi merupakan salah satu teknik yang dapat digunakan dalam kegiatan bimbingan kelompok dengan cara mempraktekkan sesuatu yang berkaitan dengan apa yang dibahas dalam layanan bimbingan kelompok. Hipotesis penelitian ini adalah 1. Layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi dapat meningkatkan minat membaca pada siswa kelas VIII SMPIT AL- HUDA tahun ajaran 2017/2018. 2. Adanya peningkatan minat membaca setelah dilakukannya layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi pada siswa kelas VIII SMPIT AL-HUDA tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan kelompok dengan 2 siklus, masing-masing siklus menggunakan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitan ini dilaksanakan di sekolah SMPIT AL-HUDA sukatani cilamaya karawang dengan 10 subjek penelitian yang memiliki minat membaca yang rendah. Sedangkan metode penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dan menggunakan deskriptif kualitatif sebagai penganalisis data. Hasil, simpulan dan saran: berdasarkan hasil pra siklus menunjukkan hasil yang cukup rendah, dari 10 siswa yang mengikuti layanan rata-rata yang didapat oleh seluruh anggota kelompok adalah 16 dengan persentase 32% dan termasuk dalam kategori sangat kurang. Siklus I diperoleh rata-rata skor 19 dengan jumlah persentase 38% dan termasuk dalam kategori kurang, pada siklus I ini meningkat sebanyak 6% dan pada siklus kedua diperoleh peningkatan skor rata-rata 32,7 persentase 65,4%

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Sumarwiyah, MP.d Kons
Uncontrolled Keywords: Minat Membaca, Layanan Bimbingan Kelompok dan Teknik Simulasi.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 03:11
Last Modified: 04 Jan 2019 03:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9242

Actions (login required)

View Item View Item