PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA ALAM SEKITAR PADA SISWA KELAS V SD SAMBUNG

AFIKA NINGRUM, FERA (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA ALAM SEKITAR PADA SISWA KELAS V SD SAMBUNG. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (643kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (310kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (584kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (426kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (140kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (407kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan peningkatan keterampilan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran, dan meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui model think talk write berbantuan media alam sekitar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi di kelas V SD Sambung. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD Sambung dengan subjek penelitian 24 siswa. Penelitian ini menggunakan model Kemis dan Mc. Taggart. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan setiap siklusnya.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, unjuk kerja, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa dari siklus I yang menunjukkan 63% dan pada siklus II menjadi 83%. Keterampilan guru dalam mengajar dengan menerapkan model Thik TalkWrite pada siklus I 76,08% (baik) dan meningkat pada siklus II yakni memperoleh 80,45% (sangat baik).Aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan 64,12% (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 75,31% (baik). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model Think Talk Write berbantuan media Alam Sekitar dapat meningkat keterampilan menulis puisi siswa, keterampilan mengajar guru, dan aktivitas belajar siswa kelas V SD Sambung. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas V SD Sambung dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Think Talk Write berbantuan media Alam Sekitar dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa, keterampilan guru, dan aktivitas siswa kelas V materi menulis puisi di SD Sambung. Saran untuk guru yakni sebaiknya guru menggunakan model Think Talk Write ini sebagai referensi dalam memilih model pembelajaran supaya lebih menarik ketika proses pembelajaran. Siswa juga sebaiknya lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Bapak Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis puisi, think talk write, alam sekitar.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 03:11
Last Modified: 04 Jan 2019 03:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9243

Actions (login required)

View Item View Item