RAHMANSYAH, YAKUB (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGMULYO. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (613kB) | Preview |
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (248kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (418kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (544kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
|
PDF (bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (226kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (289kB) | Preview |
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan keterampilan guru dan hasil belajar dengan diterapkannya model pembelajaran Talking Stick berbantuan media video pembelajaran pada mata pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan kelas V SD Negeri Karangmulyo. Model Pembelajaran Talking Stick adalah model pembelajaran berbantuan tongkat dengan cara diberikan secara bergiliran/bergantian, yang mendorong siswa untuk berani mengemukakan pendapat. Media video adalah media audio visual yang menampilkan gerak, berisi pesan yang bersifat fakta maupun fiktif, menyajikan informasi, dan dapat mempengaruhi sikap. Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah melalui proses belajar yang meliputi tiga ranah yakni ranah kognitif, afektif dan psikomotorik Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri Karangmulyo pada semester genap, dengan subjek penelitian guru dan 25 siswa. Penelitian berlangsung selama dua siklus. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Talking Stick berbantuan media video pembelajaran sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi.Validitas yang digunakan adalah validitas isi (expert judgement). Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan guru dan hasil belajar siswa yakni (1) keterampilan guru pada siklus I mendapatkan presentase 75,5% (baik) menjadi 88,9% (sangat baik) di siklus II; (2) hasil belajar ranah kognitif pra siklus mendapat presentase ketuntasan klasikal 40% meningkat di siklus I menjadi 76% kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 84%; (3) ranah afektif siklus I mendapatkan presentase ketuntasan klasikal 72%, kemudian di siklus II menjadi 100%. Sedangkan ranah psikomotorik mendapatkan presentase ketuntasan klasikal 80% di siklus I, kemudian memperoleh 100% di siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media video pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan kelas V SD Negeri Karangmulyo. Peneliti menyarankan supaya guru lebih inovatif dalam melaksanakan pembelajaran dengan berbagai model dan media pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Ika Oktavianti, M.Pd |
Kata Kunci: | Model Pembelajaran Talking Stick, Media Video Pembelajaran, Hasil Belajar. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 03:10 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 03:10 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9244 |
Actions (login required)
View Item |