PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MODEL SNOWBALL THROWING MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V DI SDN 4 JEKULO

KARTIKA CAHYANINGRUM, ARDINI (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MODEL SNOWBALL THROWING MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V DI SDN 4 JEKULO. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (243kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (409kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (451kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (284kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (215kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (141kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (16MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menjelaskan peningkatan keterampilan mengajar guru dan menjelaskan peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN 4 Jekulo dengan model Snowball Throwing menggunakan media audio visual. Hasil belajar merupakan suatu perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Model snowball throwing adalah suatu model pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok, dengan melempar bola pertanyaan ke siswa lain. Media audio visual media yang menggabungkan penggunaan suara dan gambar. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar dan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran IPS siswa kelas V SDN 4 Jekulo dengan model pembelajaran Snowball Throwing menggunakan media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SDN 4 Jekulo dengan subjek penelitian 34 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Snowball Throwing dan media audio visual, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS siswa pada materi menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan Indonesia. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar IPS siswa. Peningkatan keterampilan mengajar guru siklus I sebesar 81,94% dan siklus II 89,58%. Sedangkan peningkatan hasil belajar IPS terdiri dari tiga ranah, ranah kognitif siklus I ketuntasan klasikal sebesar 67,65% dan siklus II ketuntasan klasikal sebesar 82,35%, ranah afektif siklus I sebesar 70,18% dan siklus II sebesar 78,75%, dan ranah psikomotorik siswa siklus I sebesar 67,57% dan siklus II sebesar 76,32%. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model Snowball Throwing menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 4 Jekulo. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan di kelas V SDN 4 Jekulo, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Snowball Throwing menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 4 Jekulo.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Snowball Throwing, Audio Visual, Hasil Belajar, IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 03:10
Last Modified: 04 Jan 2019 03:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9247

Actions (login required)

View Item View Item