PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTU MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VDI SD 1 PIJI

PRASTIWI, DIYAN (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTU MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VDI SD 1 PIJI. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (702kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (249kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (427kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (639kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (289kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (154kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (152kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru, serta peningkatan hasil belajar IPS materi peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan pada siswa kelas V SD 1 Piji dengan penerapan model Numbered Heads Together berbantu media gambar. Hasil belajar adalah perubahan kemampuan siswa setelah melalui proses pembelajaran yang meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Numbered Heads Together merupakan model pembelajaran dengan cara mengelompokkan siswa yang setiap anggotanya memiliki tanggungjawab untuk mencari, berdiskusi, serta melaporkan hasil diskusinya. Media gambar adalah salah satu alat peraga yang efektif untuk menstimulasi siswa dalam menangkap materi yang dipelajari dalam proses pembelajaran. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan keterampilan guru dengan penerapan model Numbered Heads Together (NHT) berbantu media gambar pada mata pelajaran IPS materi peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan Kelas V SD 1 Piji dan terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan penerapan model Numbered Heads Together berbantu media gambar pada materi peranan tokoh memproklamasikan kemerdekaan kelas V SD 1 Piji. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Piji Kudus dengan subjek penelitian 23 siswa. Penelitian berlangsung selama dua siklus yang dimasing masing siklus terdiri dari dua pertemuan, serta menggunakan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan penelitian ini yaitu teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan mengajar guru dengan persentase pada siklus I yaitu 77,18% dan pada siklus II yaitu 84,23%, hasil belajar IPS ranah kognitif siswa juga mengalami peningkatan dengan persentase pada siklus I yaitu 73,91% dan siklus II yaitu 86,96%, serta hasil belajar ranah afektif dengan persentase klasikal pada siklus I yaitu 68,93% dan siklus II yaitu 84,24%, sedangan hasil belajar ranah psikomotorik juga mengalami peningkatan dengan persentase klasikal pada siklus I yaitu 74,05% dan siklus II yaitu 85,33%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 1 Piji dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numbered heads together berbantu media gambar mampu meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan. Saran dalam penelitian ini guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat merangsang siswa agar tidak mudah bosan mengikuti pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPS, serta sekolah dapat menyediakan sarana prasarana yang diperlukan untuk proses pembelajaran

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together, Gambar, Hasil Belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 03:10
Last Modified: 04 Jan 2019 03:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9249

Actions (login required)

View Item View Item