PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SUBTEMA I AKU DAN CITA-CITAKU UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV SD 2 DERSALAM KUDUS

NUUR AINII, HANIIFAH (2018) PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SUBTEMA I AKU DAN CITA-CITAKU UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV SD 2 DERSALAM KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (684kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (203kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (262kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (300kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (180kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (59kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (125kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, pemahaman konsep siswa, dan keterampilan membaca puisi siswa dengan menerapkan model pembelajaran numbered heads together pada subtema I Aku dan Cita-citaku. Model pembelajaran numbered heads together adalah pembelajaran kooperatif membagi siswa secara heterogen untuk mengerjakan soal yang dibagikan oleh guru dengan masing-masing kelompok mendapatkan nomor urut secara acak. Pemahaman Konsep merupakan cara siswa memahami materi dan mampu mengemukakan konsep dengan bahasanya sendiri dan mampu memberikan contoh pengaplikasiannya. Hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah penerapan model numbered heads together pada subtema I aku dan cita-citaku untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV SD 2 Dersalam Kudus. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu meliputi: Perencanaan, Tindakan, Observasi, Refleksi, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas IV SD 2 Dersalam kudus dengan subyek penelitian 20 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, ada empat yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan yang meliputi keterampilan mengajar guru antara siklus I 62.5% (sedang) menjadi 92.6% (sangat baik) pada siklus II. Pemahaman konsep siswa siklus I (55%) meningkat menjadi (80%) siklus II. Keterampilan membaca puisi siswa siklus I (50%) meningkat pada siklus II (80%). Hal itu membuktikan bahwa menggunakan model numbered heads together dapat meningkatkan pemahaman konsep pada subtema I aku dan cita-citaku kelas IV SD 2 Dersalam Kudus. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 2 Dersalam Kudus dapat disimpulkan bahwa penggunaan model numbered heads together dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada subtema I aku dan cita-citaku. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model numbered heads together guru harus memberi pengarahan agar siswa tetap terarah dalam melakukan aktivitas pembelajarannya

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together, Subtema I Aku dan Cita-citaku, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 03:09
Last Modified: 04 Jan 2019 03:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9251

Actions (login required)

View Item View Item