PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL TREFFINGER BERBANTUAN MEDIA GEOBOARD PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR KELAS V SD 1 NALUMSARI

LATIFAH, UMI (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL TREFFINGER BERBANTUAN MEDIA GEOBOARD PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR KELAS V SD 1 NALUMSARI. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (hal judul) - Accepted Version
Download (746kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (144kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (384kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (369kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (166kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (76kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (daftar pustaka) - Accepted Version
Download (78kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

12 jenjang kelas yang lain, serta dapat digunakan dan dikembangkan guna meningkatkan mutu pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa, mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran, mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar matematika siswa dengan diterapkannya model Treffinger berbantuan media geoboard pada materi sifat-sifat bangun datar kelas V SD 1 Nalumsari. Berpikir Kreatif merupakan suatu proses untuk menghasilkan ide atau gagasan baru untuk menyelesaikan masalah atau solusi yang mampu menentukan keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar. Model Treffinger merupakan model pembelajaran kreatif berbasis kematangan dan pengetahuan yang memberikan saran-saran praktis untuk mencapai keterpaduan dan siswa bekerja aktif untuk membangun pembelajaran dengan konsep matematika yang abstrak diperjelas menggunakan media geoboard. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan di kelas V SD 1 Nalumsari dengan subjek penelitian sebagai guru dan 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah Model Treffinger berbantuan media geoboard. Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini yakni kemampuan berpikir kreatif, keterampilan mengajar guru dan aktivitas siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika pada siklus I dan Siklus II, yaitu dari 73,3 (Baik) menjadi 82,25 (Baik) dengan persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 70% menjadi 80% pada siklus II. Didukung dengan peningkatan aktivitas pemecahan masalah siswa pada siklus I memperoleh skor 2,19 (Cukup Baik) menjadi 3,23 (Baik) pada siklus II. Selain itu, keterampilan guru mengelola pembelajaran matematika juga meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu pada siklus I memperoleh skor 2,55 (Cukup Baik) menjadi 3,41 (Sangat Baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dikelas V SD 1 Nalumsari dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Treffinger berbantuan media geoboard dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa serta kemampuan berpikir kreatif matematika siswa materi sifat-sifat bangun datar kelas V SD 1 Nalumsari. Untuk itu saran dalam penelitian ini diharapkan guru maupun peneliti lain bisa melakukan penelitian lanjutan terkait penerapan model pembelajaran Treffinger pada mata pelajaran lain dengan

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Henry Suryo Bintoro, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Treffinger, Media Geoboard, Kemampuan Berpikir Kreatif.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UPT Perpustakaan UMK
Tanggal Deposit: 04 Jan 2019 03:09
Last Modified: 04 Jan 2019 03:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/9253

Actions (login required)

View Item View Item